PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KEWAJIBAN DAN HAKKU KELAS III DI SDN PENGARADAN 01

Penulis

  • Budi Raharjo

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Tema 4 Subtema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada siswa kelas III SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes tahun ajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas III SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi model deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil sebelum dilakukan penelitian dengan hasil pada akhir tiap siklus setelah penelitian. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata hasil belajar perpindahan kalor siswa sebelum tindakan hanya sebesar 59,8. Pada siklus I menjadi 67,6 dan pada siklus II menjadi 74,8, lalu pada siklus III meningkat lagi menjadi 83,5. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥71) hanya sebanyak 9 siswa (32%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (50%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 siswa (75%). Dan pada siklus III meningkat menjadi 28 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar Tema 4 Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai warga negara pada kelas III SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: Make a match, kewajiban dan hak.

 

APPLICATION OF THE MAKE A MATCH TECHNIQUE COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN LEARNING OBLIGATIONS AND RIGHTS CLASS III AT SDN PENGARADAN 01

 

ABSTRACT

The aim of this research is to improve learning outcomes for Theme 4, Subtheme 4, My Obligations and Rights as a Citizen through the application of the cooperative learning model of the make a match technique for class III students at SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes for the 2019/2020 academic year. The form of this research is classroom action research (PTK) which is carried out in three cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of this research were teachers and 28 class III students at SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes. The data collection techniques used were observation, interviews, tests and documentation. The data analysis technique used is comparative descriptive model analysis, namely by comparing the results before the research is carried out with the results at the end of each cycle after the research. Testing the validity of the data in this research uses content validity.

The increase in learning outcomes can be proven by the increase in student scores in each cycle, namely the average score of students' heat transfer learning outcomes before the action was only 59.8. In cycle I it was 67.6 and in cycle II it was 74.8, then in cycle III it increased again to 83.5. Before the action was implemented, only 9 students (32%) got scores above the KKM (≥71), in the first cycle this increased to 14 students (50%), and in the second cycle it increased again to 21 students (75%). And in cycle III it increased to 28 students or 100%. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that using the cooperative learning model, the make a match technique, can improve learning outcomes for Theme 4 Subtheme 4 My Obligations and Rights as a Citizen in class III at SDN Pengaradan 01, Tanjung, Brebes for the 2019/2020 academic year.

Keywords: Make a match, obligations and rights            

Referensi

Abimanyu, S, dkk (2008)Strategi Pembelajaran,Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, A. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo

Miles, Matthew. B dan A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung

Alfabeta. Sulistyo dan Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: FIB-UI.

Muhibba, dkk. 2018. Buku Guru : Tema 4 Kewajiban dan Hakku.Buku Siswa : Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyati. (2005). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Andi.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles