PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN E-LKPD PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas X TSM, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model Problem Based Learning dengan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas X TSM 1. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif pada siswa SMK Pesantren Ciwaringin kelas X TSM 1 materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan hasil penilaian kuantitatif sebelum melaksanakan pembelajaran menunjukkan bahwa hanya 25% yang nilainya sudah tuntas. Sedangkan setelah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning berbantu E-LKPD hasilnya menunjukkan bahwa 81,25% siswa nilainya sudah tuntas, akan tetapi masih ada 18,75% siswa yang nilainya masih belum tuntas. Kemudian berdasarkan hasil penilaian kualitatif yang dilihat dari penilaian E-LKPD menunjukkan bahwa sebanyak 75% siswa mendapat nilai berkategori baik, dan 25% siswa mendapat nilai berkategori amat baik. Kesimpulan penelitian bahwa pembelajaran Problem Based Learning dengan E-LKPD dapat meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X TSM 1 SMK Pesantren Ciwaringin.
Kata kunci: Model PBL, E-LKPD, berpikir tingkat tinggi
IMPROVEMENT OF HIGH-ORDER THINKING SKILLS OF STUDENTS THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL WITH E-LKPD ON ENVIRONMENTAL
POLLUTION MATERIAL
ABSTRACT
This research is motivated by issues that arise in learning in class X TSM, and the focus of the problem is outlined as follows: how is the implementation of the Problem Based Learning model with E-LKPD to enhance the higher-order thinking skills of students in class X TSM 1. The research method employed a combination of quantitative and qualitative approaches with students from SMK Pesantren Ciwaringin in class X TSM 1 studying environmental pollution. Based on the quantitative assessment before implementing the learning, only 25% of the students had completed scores. However, after implementing Problem Based Learning with the assistance of E-LKPD, the results showed that 81.25% of the students had completed scores, but there were still 18.75% of students whose scores were not yet satisfactory. Furthermore, the qualitative assessment based on E-LKPD indicated that 75% of the students received good ratings, and 25% of the students received excellent ratings. The research concludes that Problem Based Learning with E-LKPD can enhance the higher-order thinking skills of students in environmental pollution topics in class X TSM 1 at SMK Pesantren Ciwaringin.
Keywords: Problem Based Learning (PBL) model, E-LKPD, higher-order thinking..
Referensi
Arsad Bahri, dkk ( 2018), Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampila Pemecahan Masalah Biologi, Jurnal Sainsmat Vol VII, No. 2 Halaman 114-124 file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/4%20Arsad%20Bahri%20114-124.pdf
Azhar Azhari dan Yasdinul Huda, (2022), Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Siswa (E-LKPD)pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal, Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 1 Halaman 2646-2657 file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/garuda2462193.pdf
Edi Susanto dan Heri Retnawati, (2016), Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Pbl Untuk Mengembangkan Hots Siswa SMA, Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 3-Number 2 hal 89–197 file:///C:/Users/User/Downloads/10631-28233-2-PB.pdf
Eka Novita Sari dan Joni Susilowibowo, (2022), Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI Semester 2, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 4 No 3 Halm 4469–4483 file:///C:/Users/User/Downloads/2709-10385-1-PB.pdf
Fitri Handayani dan Muhammad Syukur (2021), Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (Hots) di Sma Negeri 1 Watansoppeng, Pinisi Journal Of Sociology Education Vol. 1; No. 2 Halaman 127-135 file:///C:/Users/User/Downloads/26569-65216-2-PB-1.pdf
Luciana Dwi Noma (2016), PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA, Bioedukasi Volume 9 Nomor 2 Halaman 62-66 file://C:/Users/User/Downloads/4222-7670-1-SM.pdf
Rio Fabrika Pasandaran dan Desak Made Ristia Kartika (2019), Higher Order Thinking Skill (Hots) Pembelajaran Matematika Kontemporer, Pedagogy Volume 4 Nomor 1 file:///C:/Users/User/Downloads/1429-2676-1-SM.pdf
Sagendra Berti, 2022. Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Semarang; Erlangga
SARI dkk, (2022), Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA, Jurnal Basicedu https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115969
Siti Suryaningsih dan Riska Nurlita (2021), Pentingnya Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21, Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No.7 https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/233/863
W.P. Putra (2023), Pengembangan E-Lkpd Hots Dala Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA SD, Vol.7 file:///C:/Users/User/Downloads/2177-Article%20Text-6311-1-10-20230519.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.