MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KELANGKAAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, khususnya pada materi kelangkaan. Desain eksperimen one-group pretest-posttest control group digunakan dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas X SMA Ya Bakii 1 Kesugihan Cilacap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes minat belajar sebelum dan setelah perlakuan, serta observasi dan angket. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah penerapan Model PBL, dengan nilai t hitung sebesar -37,443 dan p < 0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Model PBL efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi kelangkaan dalam mata pelajaran Ekonomi.
Kata kunci: Problem Based Learning, minat belajar, mata pelajaran Ekonomi, kelangkaan, siswa SMA.
Pendahuluan
INCREASING INTEREST IN LEARNING SCARCITY MATERIAL ECONOMICS SUBJECTS WITH A PROBLEM-BASED LEARNING MODEL FOR GRADE X STUDENTS OF SMA YA BAKII 1 CILACAP SUCCESS
ABSTRACT
This study aims to explore the influence of the Problem Based Learning (PBL) Model on students' learning interest in Economics subjects, especially on scarcity material. The one-group pretest-posttest control group experimental design was used with research subjects totaling 20 grade X students of SMA Ya Bakii 1 Kesugihan Cilacap. The research instruments used were learning interest tests before and after treatment, as well as observation and questionnaires. The results of the analysis showed an increase in student interest in learning after the application of the PBL Model, with a calculated t value of -37.443 and p < 0.05. The implication of this study is that the PBL Model is effective in increasing students' learning interest in scarcity material in Economics subjects.
Keywords: Problem Based Learning, interest in learning, Economics subjects, scarcity, high school students.
Introduction
Referensi
Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 1 SAMATURU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 159-168.
Utomo, E. P. (2021). Pengembangan Komik Digital Berbasis Problem Based Instruction Pada Materi Kelangkaan Dan Kebutuhan Manusia. Soedirman Economics Education Journal, 3(1), 53-65.
Prastyaningtyas, E. W., & Wulansari, W. (2020). Implementasi Model Pembelajaran REPICPRO (Resume, Picture, Problem Based Learning) Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Pada Materi Kelangkaan Dan Kebutuhan Manusia. Efektor, 7(1), 35-41.
Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961-973.
Arifin, G. F. M., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 1-8.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.