MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP ANALYTICAL EXPOSTION TEKS

Penulis

  • Elin Herlina

Abstrak

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS  DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP ANALYTICAL EXPOSTION TEKS

 

Elin Herlina

Sekolah Menengah Kejuluan Negeri 1 Cilimus, Kuningan-Jawa Barat

Elin_herliana@belajar.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah siswa kelas II B SDN 1 Winduhaji dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus dengan melibatkan 20 siswa. Pada siklus pertama, media benda konkret berupa kelereng diterapkan, dan pada siklus kedua diganti dengan permen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan siswa, dengan persentase meningkat dari 65% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus kedua. Rata-rata nilai siswa mengalami kenaikan dari 78 menjadi 78,5. Intervensi ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkalian bilangan cacah.

Kata kunci:  Matematika, bilangan cacah, perkalian, media benda konkret, penelitian tindakan kelas, siswa kelas II SD.

 

IMPROVING ENGLISH SPEAKING SKILLS BY USING PROBLEM BASED LEARNING MODELS ON ANALYTICAL EXPOSTION OF TEXT

 

ABSTRACT

This research aims to improve the ability to multiply whole numbers of class II B students at SDN 1 Winduhaji using concrete objects as media. Classroom action research was carried out over two cycles involving 20 students. In the first cycle, concrete objects in the form of marbles were used, and in the second cycle they were replaced with candy. The results showed a significant increase in student completion, with the percentage increasing from 65% in the first cycle to 85% in the second cycle. The average student score increased from 78 to 78.5. This intervention succeeded in increasing students' understanding of multiplication of whole numbers.

Keywords: Mathematics, whole numbers, multiplication, concrete object media, classroom action research, second grade elementary school students.

Referensi

Ahyar, Dasep Bayu, Ema Butsi Prihastari, Ratna Setyaningsih, Dwi Maryani Rispatiningsih,

Basuki, I. A. Hakikat Berbicara.

Elin Rosmaya, “Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Di SMP,” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5, no. 1 (2018): 111, https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999.

Fathurrohman, Muhammad. "Model-model pembelajaran." Jogjakarta: Ar-ruzz media (2015).

Hasnah, H. (2022). Penerapaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Lingkaran di Kelas VI SDN 30/X Kampung Laut TA 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 474-485.

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-5.

Luvy Sylviana Zanthy, Muhamad Fauzi, Saringatun Mudrikah, Ratna Widyaningrum, Yusuf Falaq, and Een Kurniasari. Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka, 2021.

Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). KONSEP MODEL PEMBELAJARAN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1-10.

Mandasari, B., Aminatun, D., Pustika, R., Setiawansyah, S., Megawaty, D. A., Ahmad, I., & Alita, D. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 332-338.

Mulya, R. (2021). OPTIMIZATION OF ANALYTICAL EXPOSITION TEXT WRITING ABILITY THROUGH THE APPLICATION OF PROBLEM-BASED LEARNING. Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris (JIBI), 6(2).

Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap

Supraba, A., Syukur, A., Wahyono, E., & Hasby, M. (2022). Cara Ajaib untuk Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Inggris. Abdimas Langkanae, 2(1), 1-5.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70.

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020) Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01).

Wardani, I. G. A. K. (2010). Hakikat penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunidar, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMP 5 PALU. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 19-32.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles