PENERAPAN PBL UNTUK MENINGKATAKAN LITERASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Diki Masduki

Abstrak

 

ABSTRAK

Literasi sangat penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan terutama dalam pembelajaran sehari-hari. Kegiatan literasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa melalui kegiatan kebahasaan, seperti membaca dan menulis.  Namun, dengan  keunggulan  literasi  tersebut,  minat  membaca  siswa  Indonesia  masih  tergolong  rendah. Penelitian ini akan berfokus pada upaya untuk meningkatkan literasi siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMK Negeri 5 Kuningan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif melalui pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan rekan sejawat dan evaluasi terhadap pembelajaran di kelas X SMKN 5 Kuningan tahun pembelajaran 2023-2024 sebanyak 21 orang siswa sebagai sampel dari jumlah keseluruhan siswa kelas sepuluh sebanyak 703 orang siswa.Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan menunjukkan perolehan nilai diatas KKTP pretest sebesar 24% sedangkan perolehan nilai diatas KKTP posttest sebesar 81%. Artinya kemampuan siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 57% setelah menerapkan pembelajaran menggunkan PBL. Dengan demikian penggunaan model PBL efektif digunakan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Kata kunci:  Keterampilan berpikir tingkat tinggi, Model PBL, Literasi Siswa

 

APPLICATION OF PBL TO IMPROVE STUDENTS' LITERACY AND HIGH LEVEL THINKING SKILLS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIAL

 

ABSTRACT

Literacy is very important to apply in the world of education, especially in daily learning. Literacy activities can broaden students' insight and knowledge through language activities, such as reading and writing. However, with these literacy advantages, Indonesian students' interest in reading is still relatively low. This research will focus on efforts to increase student literacy in environmental pollution material at SMK Negeri 5 Kuningan through the Problem Based Learning learning model. The method used in the research is a quantitative descriptive method through data collection through observation and interviews with colleagues and evaluation of learning in class students. Based on the results of data processing and discussion, it shows that the score above the pretest KKTP was 24%, while the score above the posttest KKTP was 81%. This means that students' abilities increased by 57% after implementing learning using PBL. Thus, the use of the PBL model is effectively used to increase students' literacy and high-level thinking skills on environmental pollution material.

Keywords: Higher order thinking skills, PBL Model, Student Literacy

 

Referensi

Adriani, Z. R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2).

https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/10079

Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model problem-based learning sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Journal on Teacher Education, 3(3), 65-81.

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4384

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113.

https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/862

Fajrilia, A., Handoyo, B., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(10), 1276-1280.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/12798/5909

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/596

Izati, S. N., Wahyudi, W., & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122-1127.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11508

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. (2021). Pengembangan lkpd literasi sains berbasis lesson study for learning community (lslc). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.

http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2297

Khasanah, U. (2024). Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun di Kelas Xi Sma Negeri 5 Kota Serang. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 23(1), 250-256.

https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/mk/article/view/4044

Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/14865

Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi:(The Relationship Between High Order Thinking Skills and Science Literacy Abilities of Biology Education Students). BIODIK, 7(3), 105-113.

https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/14386

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles