PENERAPAN PBL UNTUK MENINGKATAKAN LITERASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstrak
ABSTRAK
Literasi sangat penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan terutama dalam pembelajaran sehari-hari. Kegiatan literasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa melalui kegiatan kebahasaan, seperti membaca dan menulis. Namun, dengan keunggulan literasi tersebut, minat membaca siswa Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini akan berfokus pada upaya untuk meningkatkan literasi siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMK Negeri 5 Kuningan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif melalui pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan rekan sejawat dan evaluasi terhadap pembelajaran di kelas X SMKN 5 Kuningan tahun pembelajaran 2023-2024 sebanyak 21 orang siswa sebagai sampel dari jumlah keseluruhan siswa kelas sepuluh sebanyak 703 orang siswa.Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan menunjukkan perolehan nilai diatas KKTP pretest sebesar 24% sedangkan perolehan nilai diatas KKTP posttest sebesar 81%. Artinya kemampuan siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 57% setelah menerapkan pembelajaran menggunkan PBL. Dengan demikian penggunaan model PBL efektif digunakan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Kata kunci: Keterampilan berpikir tingkat tinggi, Model PBL, Literasi Siswa
APPLICATION OF PBL TO IMPROVE STUDENTS' LITERACY AND HIGH LEVEL THINKING SKILLS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIAL
ABSTRACT
Literacy is very important to apply in the world of education, especially in daily learning. Literacy activities can broaden students' insight and knowledge through language activities, such as reading and writing. However, with these literacy advantages, Indonesian students' interest in reading is still relatively low. This research will focus on efforts to increase student literacy in environmental pollution material at SMK Negeri 5 Kuningan through the Problem Based Learning learning model. The method used in the research is a quantitative descriptive method through data collection through observation and interviews with colleagues and evaluation of learning in class students. Based on the results of data processing and discussion, it shows that the score above the pretest KKTP was 24%, while the score above the posttest KKTP was 81%. This means that students' abilities increased by 57% after implementing learning using PBL. Thus, the use of the PBL model is effectively used to increase students' literacy and high-level thinking skills on environmental pollution material.
Keywords: Higher order thinking skills, PBL Model, Student Literacy
Referensi
Adriani, Z. R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2).
https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/10079
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model problem-based learning sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Journal on Teacher Education, 3(3), 65-81.
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4384
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113.
https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/862
Fajrilia, A., Handoyo, B., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(10), 1276-1280.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/12798/5909
Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/596
Izati, S. N., Wahyudi, W., & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122-1127.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11508
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. (2021). Pengembangan lkpd literasi sains berbasis lesson study for learning community (lslc). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2297
Khasanah, U. (2024). Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun di Kelas Xi Sma Negeri 5 Kota Serang. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 23(1), 250-256.
https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/mk/article/view/4044
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/14865
Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi:(The Relationship Between High Order Thinking Skills and Science Literacy Abilities of Biology Education Students). BIODIK, 7(3), 105-113.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.