UPAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
ABSTRAK
Pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru sebagai pengajar dimana guru memberikan materi kepada siswa sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru, adapun sumber belajar Matematika hanya buku paket mata pelajaran saja, dimana kegiatan pembelajaran Matematika kurang memberikan pengalaman belajar kepada siswa seperti melaksanakan proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun datar. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri Jagapura 03 sebanyak 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 10 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Adapun data siklus I menunjukan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 72 ketuntasan belajar mencapai 77% dengan kriteria baik. Kemudian pada siklus II menunjukan rata- rata nilai hasil belajar mencapai 89 dan ketuntasan belajar 94% dengan kriteria sangat baik. Maka, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran problem based learning sangat berpengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri Jagapura 03. Adanya penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu siswa berperan aktif memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, pengalaman langsung saat belajar, keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran bersifat konstruktivisme, peningkatkan daya ingat siswa dan pembelajaran berpusat pada siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Problem Bassed Learning.
THE INFLUENCE OF THE USE OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN GRADE IV
MATHEMATICS SUBJECTS AT SD NEGERI JAGAPURA 03
ABSTRACT
Mathematics learning in elementary schools is still centered on the teacher as a teacher where the teacher provides material to students so that students only listen and take notes on what the teacher says, while the mathematics learning resources are only subject package books, where mathematics learning activities do not provide learning experiences to the students. students like carrying out problem solving processes related to the properties of flat shapes. In this learning activity, the teacher still does not use the right learning model. This causes low student learning outcomes. This research aims to improve Mathematics learning outcomes through the application of the problem based learning model. The research subjects were 27 class IV students at SD Negeri Jagapura 03. Data collection used a multiple choice test method with a total of 10 questions. Learning outcome data was analyzed using quantitative descriptive techniques, namely by finding the average student scores and learning completeness. Meanwhile, cycle I data shows that the average learning outcome score reached 72, learning completeness reached 77% with good criteria. Then in cycle II it showed that the average learning outcome score reached 89 and learning completeness was 94% with very good criteria. So, it can be concluded that the application of the problem based learning model is very influential and can improve the Mathematics learning outcomes of class IV students at SD Negeri Jagapura 03. The application of the problem based learning model means that students play an active role in solving various problems faced, direct experience when learning, involvement students are active in the learning process, learning is constructivist, improving student memory and student-centered learning.
Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Problem Bassed Learning.
Referensi
Amris, F. D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5. 4, p. 2172
Danim, S. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Fauzia, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Bselajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7, 1, p. 42.
Febrita, I. H. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4. 2, p. 1426.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Marsali, A. (2016). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurrlan Inovasi Pembelajaran SD, 2. p. 3-4
Shoimin, Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA.
Shoimin, Aris. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sutrada. E, S. E. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Proses Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 29 Rantau Batu Pasar Punggasan Pessisir Selatan. e-jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8. 9, p. 143.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.