ANALISIS SISWA KESULITAN DALAM MATERI PECAHAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami pembelajaran matematika mengenai pecahan, Metode yang digunakan dengan menganalisis pembahasan topik utama dengan menggunakan studi literatur yang ada di jurnal terindeks dengan desain dari penelitian ini adalah teknik analisis data analisis isi (content analysis). Analisis data dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari solusi terkait permasalahan yang ada agar dapat membantu guru-guru untuk mengurangi permasalahan yang sama serta mencari dan menemukan ide kreatif terbaru yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan memahamkan siswa dalam pelajaran matematika materi pecahan seperti membuat media pembelajaran teknologi seperti video animasi, blok puzzle versi animasi atau bahkan pada media yang berbasis website. Selain media belajar guru dapat merubah cara mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariatif sesuai dengan kebutuhan yang ada di kelas.
Kata Kunci: multimedia interaktif, matematika, siswa sekolah dasar.
ANALYSIS OF STUDENT DIFFICULTIES IN MATHEMATICS FRACTIONS IN PRIMARY SCHOOLS
ABSTRACT
This research was motivated by the lack of students' understanding of mathematics learning regarding fractions. The method used was to analyze the discussion of the main topic using literature studies in indexed journals with the design of this research being content analysis data analysis techniques. Data analysis begins by analyzing research results from the most relevant, relevant and quite relevant. The aim of this research is to find solutions related to existing problems in order to help teachers to reduce similar problems and search for and discover the latest creative ideas that can be used in teaching mathematics. The results of the discussion show that various efforts can be made to improve students' understanding in mathematics lessons about fractions, such as creating technological learning media such as animated videos, animated versions of puzzle blocks or even website-based media. Apart from learning media, teachers can change the way they teach by using varied learning models according to the needs of the class.
Keywords: interactive multimedia, mathematics, elementary school students.
Referensi
Ahmadi, Abu, & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Farisi, M. I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, 1–10. http://utsurabaya.files.wordpress.com/2012/12/kin-unesa.pdf
Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.
Karso, Suyadi, G., & Muhsetyo, G. (2014). Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka.
Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47–53. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.06
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. The United states of America.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.
Sumatri, muhammad S., & Een, U. (2019). Analisis Pemahman Konsep Matematis Siswa kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/view/28/pdf_48
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.