UPAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat membaca siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dengan menganalisis pembahasan topik utama dengan menggunakan studi literatur yang ada di jurnal terindeks dengan desain dari penelitian ini adalah teknik analisis data analisis isi (content analysis). Analisis data dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari solusi terkait permasalahan yang ada agar dapat membantu guru-guru untuk mengurangi permasalahan yang sama serta mencari dan menemukan ide kreatif terbaru yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan minat membaca pada siswa seperti membuat gerakan literasi, membuat poster bacaan yang menarik, membuat rumah baca.
Kata Kunci: Minat Baca, Siswa, Sekolah Dasar.
EFFORTS TO INCREASE STUDENTS' INTEREST IN READING IN PRIMARY SCHOOLS
ABSTRACT
This study was motivated by the lack of interest in reading students in elementary school. The method used by analyzing the discussion of the main topic by using literature studies in indexed journals with the design of this study is a data analysis technique content analysis (content analysis). Data analysis begins by analyzing the results of the study from the most relevant, relevant and sufficiently relevant. The purpose of this study is to find solutions related to existing problems in order to help teachers to reduce the same problems and find and find the latest creative ideas that can be used in learning. The results of the discussion showed that various efforts can be made to increase interest in reading in students such as making literacy movements, making interesting reading posters, making reading houses.
Keywords: Reading Interest, Students, Elementary School.
Referensi
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 67.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.492
Cahyani, P. A. R., & N. (2019). Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Padang Panjang Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar Di Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 344–352. Https://Doi.Org/10.24036/107351-0934
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 55.
Farisi, M. I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) Sebagai Model Penilaian Dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, 1–10. Http://Utsurabaya.Files.Wordpress.Com/2012/12/Kin-Unesa.Pdf
Firdaus, W., Jamila, W. B., Maulidiyah, A., & Janan, T. (2022). MENINGKATKAN MINAT BACA Pada Anak Usia Sekolah Melalui Gerakan Literasi Rumah Baca Di Dusun Sentono. 1, 13–26.
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 396–401.
Harinto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 2.
Moser, G. P., & Morrison, T. G. (1998). Increasing Students’ Achievement And Interest In Reading. Journal Of Literacy And Language Arts, 38(4).
Nurahmah, S. S., & Adela, D. (2022). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. 1.
Pitoyo, A. (2020). A Meta-Analysis: Factors Affecting Students’ Reading Interest In Indonesia. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 7(7), 83–92. Https://Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V7i7.1727
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.
Rahmawati, & S, D. C. R. &. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–12.
Risdiana, Chandra, Dhewy, & K.D.R. (2020). Pengembangan Kampung Moco Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Motivasi Pendidikan Masyarakat Desa Jiken Kecamatan Tulangan. Jurnal Padi – Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 3(2), 7–11.
Setiarini, Y., & Setyawan, A. (2023). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Literasi Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Tanjung VI. 1(2), 93–98.
Yanti, F. ., & N. (2020). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Sekolah Di Perumahan Bumi Mandala 2. Communnity Development Journal, 1(3), 265–270.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.