ANALISIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MUATAN PELAJARAN IPA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya siswa dalam memahami pelajaran IPA mengenai wujud benda. Metode yang digunakan dengan menganalisis pembahasan topik utama dengan menggunakan studi literatur yang ada di jurnal terindeks dengan desain dari penelitian ini adalah teknik analisis data analisis isi (content analysis). Analisis data dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari solusi terkait permasalahan yang ada agar dapat membantu guru-guru untuk mengurangi permasalahan yang sama serta mencari dan menemukan ide kreatif terbaru yang bisa digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan memahamkan siswa dalam pelajaran IPA materi wujud bendaseperti membuat media interaktif, canva, video animasi.
Kata Kunci: multimedia interaktif, IPA, siswa sekolah dasar.
INTERACTIVE MULTIMEDIA ANALYSIS FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS IN SCIENCE LESSON CONTENT
ABSTRACT
This research is motivated by the lack of students in understanding the science lesson about the form of objects. The method used by analyzing the discussion of the main topic by using literature studies in indexed journals with the design of this study is a data analysis technique content analysis (content analysis). Data analysis begins by analyzing the results of the study from the most relevant, relevant and sufficiently relevant. The purpose of this study is to find solutions related to existing problems in order to help teachers to reduce the same problems and find and find the latest creative ideas that can be used in learning science. The results of the discussion showed that various efforts can be made to improve students ' understanding in science lessons material form bendaseperti create interactive media, canva, animated videos.
Keywords: Interactive multimedia, Science, Elementary School students.
Referensi
Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
Ariska, K. Y., & Mudinillah, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS II SDN 18 PAYAKUMBUH BERBASIS APLIKASI ANIMIZ ANIMATION MAKER. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidai’ya, 1–10.
Asto, I. G. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam- Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Di Smk Negeri 2 Bojonegoro. 177–181.
Dikdasmen, D. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Dindariesta, N. K. W., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda di Sekitarku Subtema Wujud Benda. 4, 431–437.
Dwipayana, A. P. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., 2(2), 204–210.
Farisi, M. I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, 1–10. http://utsurabaya.files.wordpress.com/2012/12/kin-unesa.pdf
Hanggi, O. H. (2016). Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Lembaga Ladang Kata.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. 5(4), 2384–2394.
L., A. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PELAJARAN (FISIKA ENERGY) UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Teknologi Pendidik, 21(1), 24–41. https://doi.org/10. 21009/jtp.v21i1.10570
Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional. FKIP, 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20
Muchson, M., Munzil, M., Winarni, B. E., & Agusningtyas, D. (2018). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa Sma. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kim), 4(1), 51–64. 10.17977/um026v4i12019p051.
Mustika, E. P. A., & Sugara, M. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 2(2), 121–126. 10.15575/join.v2i2.139
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.
Rusli, M., & S., N. N. D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. ANDI.
Simarmata, J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Urnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Unaisah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di Smk Negeri 1 Saptosari.
Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. J. Ris. Pendidik. Dasar, 3(2), 62–71.
Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik Informormasi Kreatif, 7(1), 11–19. 10.32832/kreatif.v7i1.2028
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Yeni, L. F. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri. Jurnal Pendidikan Matatematika Dan IPA, 6(1), 57–67. 10.26418/jpmipa.v6i1.17591.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.