KAJIAN TENTANG ETNOPEDAGOGI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Rosanti

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merosotnya pembelajaran yang mengaitkan dengan pembelajaran etno, siswa kurang mengetahui secara pasti terkait kearifan lokal yang sesuai dengan tempat tinggalnya maupun kearifan lokal yang menjadikan kebudayaan asli Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji seberapa penting dan efektif etnopedagogi di lakukan pada pelajaran di sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan kajian literatur, penelti melakukan kajian terhadap beberapa artikel yang terindeks serta melakukan analisis didalamnya untuk mendapatkan informasi yang valid dan berguna. Kesimpulan dari penellitian ini adalah etnopedagogi memberikan dampak belajar yang baik bagi siswa, didalamnaya berkaitan erta dengan kearifan lokal dapat dikaitkan pada setiap muatan pelajaran terkhusus pada pelajaran, seperti belajar tentang suatu kearifan loakl yang memanfaatkan bahan alam di sekitar, mengaitkan materi ajar dengan kondisi alam sekitar, memberikan pengalaman secara langsung bagi siswa tentang ciri khas dari setiap kebudayaan di Indonesia.

Kata Kunci: Etnopedagogi, Kearifan lokal, Siswa sekolah dasar.

STUDY ON ETHNOPEDAGOGY IN LEARNING PRIMARY SCHOOL STUDENTS

 

ABSTRACT

This study is motivated by the decline of learning that relates to ethno learning, students do not know for sure related to local wisdom in accordance with their place of residence and local wisdom that makes the original culture of Indonesia. The purpose of this study is to assess how important and effective ethnopedagogy in doing in elementary school. The research method used is by literature review, the researcher conducts a study of several indexed articles and analyzes them to obtain valid and useful information. The conclusion of this research is that ethnopedagogy provides a good learning impact for students, in which it is related to local wisdom can be attributed to each lesson content especially in lessons, such as learning about a flea wisdom that utilizes natural materials around, associating teaching materials with surrounding natural conditions, providing direct experience for students about the characteristics of each culture in Indonesia.

Keywords: Ethnopedagogy, local wisdom, Elementary School students.

 

Referensi

Atalan, O. (2018). Importance of “cultural heritage and conservation” concept in the architectural education. Journal of Human Sciences, 15(3), 1700. https://doi.org/10.14687/jhs.v15i3.5380

Farisi, M. I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, 1–10. http://utsurabaya.files.wordpress.com/2012/12/kin-unesa.pdf

Kurniawati, F., & Gunansyah, G. (2016). Semanggi Suroboyo Desa Kendung Benowo-Surabaya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar. Jpgsd., 7(3), 3061–3070.

Marpaung, C., Syarifah, & Hidayat. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi Dan Karakter Integritas Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 219–228.

Nahak, H. M. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16– 31.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2).

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.

Rahmawati, H. L., & Gunansyah, G. (2021). Kesenian Dongkrek Desa Mejayan Kabupaten Madiun Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar. 9(7), 2883–2894.

Ridwan, M. (2014). Kurikulum 2013 dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana UNESA, 102–108.

Sari, M. Z., Prasetya, F., Fahrozy, N., Fitriyani, Y., & Indonesia, U. P. (2021). Analisis Unsur Etnopedagogik Dalam Lagu Daerah Manuk Dadali Pada Mahasiswa Baru Pgsd Kab. Kuningan Mia Zultrianti Sari 1 , Rahman 2 , Fazrul Prasetya Nur Fahrozy 3 , Yani Fitriyani 4. 5(2), 182–190.

Sari, R. N., & Gunansyah, G. (2018). Batik Gedhog Desa Kedungrejo-Tuban Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1769–1780.

Tilaar, H. A. R. (2015). Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Buku Kompas.

Yanthi, N., Marhaeni, A., & Dantes, N. (2020). Analisis Tentang Cerita Anak Yang Bermuatan Sikap Dan Muatan Pembelajaran Terkait Dengan Tema Kayanya Negeriku Kurikulum 2013 Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Etnopedagogik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 112–122.

Zulkarnain, A., & Febriamansyah, R. (2008). Kearifan Lokal dan Pemanfaatan dan Pesisir. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 1(1), 69–84.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Terbitan

Bagian

Articles