PENGARUH PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SEDERHANA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis teks narasi sederhana pada siswa kelas II sekolah dasar Negeri Mendala Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan menulis teks narasi sederhana yang menggunakan model picture word inductive model dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Concept Sentence. Hasil dari penelitian ini nilai thitung = 6,55 dan nilai ttabel = 1,67, maka thitung > ttabel, ini menunjukan H1 di terima. maka terdapat perbedaan kemampuan menulis teks narasi sederhana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci: Picture Word inductive model, concept sentence, Keterampilan Menulis Teks Narasi Sederhana
THE INFLUENCE OF PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL AND CONCEPT SENTENCE MODEL ON SIMPLE NARRATIVE TEXT WRITING SKILLS
ABSTRACT
This research was motivated by the lack of ability to write simple narrative texts in class II elementary school students at Mendala State, Sirampong District, Brebes Regency. This research was conducted with the aim of finding out the differences in the results of the ability to write simple narrative texts using the picture word inductive model and students who received learning using the Concept Sentence Model. The results of this research are tcount = 6.55 and ttable value = 1.67, so tcount > ttable, this shows that H1 is accepted. So there is a difference in the ability to write simple narrative texts between the experimental class and the control class.Keywords: Picture Word inductive model, concept sentence, Simple Narrative Text Writing Skills
Referensi
Abdul Rani, Bustanul Arifin, dan Martutik. 2006. Analisis Wacana: Sebuah KajianBahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.
Amiruddin Aliah. 2009. “Menulis Deskriptif”. Dalam amiruddinaliah. blogspot.com/2009/01/menulis-deskriptif.html. Diakses pada tanggal 27 November2013.
Calhoun, Emily. F. (2005). Teaching Beginning Reading and Writing (With the Picture Word Inductive Model). USA: ASCD (Association for Supervision and Curriculum development). [Online]. Tersedia: http://www.ascd.org/publications/books/199025.aspx. [15 Nopember 2013].
Calhoun. F. Emily. (2002). Action Research for School Improvement. Dalam Educational Leadership [Online]. Vol 59 no.6 halaman 18-24. Tersedia: http://www.tacoma.k12.wa.us/sites/schools/Lincoln/staff/Documents/ActionResearch_School_Improvment.pdf [31 Oktober 2013].
Damayanti, Fransisca Dita, Riyadi, dan Amir. 2013. Pengaruh Model Kooperatif Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Mahasiswa PGSD, Vol 1, No 8. [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/issue/view/219 [28 Desember 2013].
Darmawati. (2010). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 SDNegeri I Jeumpet Aceh Besar. [Online]. Vol. 7. No. 2. Tersedia: Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu.
Depdiknas. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Joyce& Weil. (2009). Models of Teaching Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Melyana, Rima. (2011). Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Binatang dengan Bahasa Tulis Menggunakan Media Gambar Binatang pada Siswa Kelas II SDN 02 Pedawang Pekalongan melalui Pendekatan Kontekstual. [Online]. Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/09/ptk-bahasa-indonesia-kelas-2-sd.html. [19 November 2013].
Mulyati, Yeti, dkk. (2010). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurudin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Parany, Moh. Ramli Daeng. (2011). Penerapan Model Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Deskripsi di Kelas IV SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi: Universitas Negeri Malang. [Online]. Tersedia: http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=49715. [15 November 2013].
Rahman. Revitalisasi Metodik Pengajaran Menulis. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195704011984121-RAHMAN/010_Revitalisasi_Metodik_Menulis.pdf. [12 Novemer 2013].
Sukmawati, Desi. (2013). Penerapan Model Concept Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cibodas Kabupaten Bandung Barat. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pus-taka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.