PENGARUH PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SEDERHANA

Penulis

  • Novi Kurniasih

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis teks narasi sederhana pada siswa kelas II sekolah dasar Negeri Mendala Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan menulis teks narasi sederhana yang menggunakan model picture word inductive model dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Concept Sentence. Hasil dari penelitian ini  nilai thitung = 6,55 dan nilai  ttabel  = 1,67, maka thitung  >  ttabel, ini menunjukan H1 di terima. maka terdapat perbedaan kemampuan  menulis teks narasi sederhana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata kunciPicture Word inductive model, concept sentence, Keterampilan Menulis Teks Narasi Sederhana

 

THE INFLUENCE OF PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL AND CONCEPT SENTENCE MODEL ON SIMPLE NARRATIVE TEXT WRITING SKILLS

 

ABSTRACT

This research was motivated by the lack of ability to write simple narrative texts in class II elementary school students at Mendala State, Sirampong District, Brebes Regency. This research was conducted with the aim of finding out the differences in the results of the ability to write simple narrative texts using the picture word inductive model and students who received learning using the Concept Sentence Model. The results of this research are tcount = 6.55 and ttable value = 1.67, so tcount > ttable, this shows that H1 is accepted. So there is a difference in the ability to write simple narrative texts between the experimental class and the control class.

Keywords: Picture Word inductive model, concept sentence, Simple Narrative Text Writing Skills

 

Referensi

Abdul Rani, Bustanul Arifin, dan Martutik. 2006. Analisis Wacana: Sebuah KajianBahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Amiruddin Aliah. 2009. “Menulis Deskriptif”. Dalam amiruddinaliah. blogspot.com/2009/01/menulis-deskriptif.html. Diakses pada tanggal 27 November2013.

Calhoun, Emily. F. (2005). Teaching Beginning Reading and Writing (With the Picture Word Inductive Model). USA: ASCD (Association for Supervision and Curriculum development). [Online]. Tersedia: http://www.ascd.org/publications/books/199025.aspx. [15 Nopember 2013].

Calhoun. F. Emily. (2002). Action Research for School Improvement. Dalam Educational Leadership [Online]. Vol 59 no.6 halaman 18-24. Tersedia: http://www.tacoma.k12.wa.us/sites/schools/Lincoln/staff/Documents/ActionResearch_School_Improvment.pdf [31 Oktober 2013].

Damayanti, Fransisca Dita, Riyadi, dan Amir. 2013. Pengaruh Model Kooperatif Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Mahasiswa PGSD, Vol 1, No 8. [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/issue/view/219 [28 Desember 2013].

Darmawati. (2010). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 SDNegeri I Jeumpet Aceh Besar. [Online]. Vol. 7. No. 2. Tersedia: Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu.

Depdiknas. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Joyce& Weil. (2009). Models of Teaching Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Melyana, Rima. (2011). Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Binatang dengan Bahasa Tulis Menggunakan Media Gambar Binatang pada Siswa Kelas II SDN 02 Pedawang Pekalongan melalui Pendekatan Kontekstual. [Online]. Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/09/ptk-bahasa-indonesia-kelas-2-sd.html. [19 November 2013].

Mulyati, Yeti, dkk. (2010). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurudin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Parany, Moh. Ramli Daeng. (2011). Penerapan Model Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Deskripsi di Kelas IV SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi: Universitas Negeri Malang. [Online]. Tersedia: http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=49715. [15 November 2013].

Rahman. Revitalisasi Metodik Pengajaran Menulis. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195704011984121-RAHMAN/010_Revitalisasi_Metodik_Menulis.pdf. [12 Novemer 2013].

Sukmawati, Desi. (2013). Penerapan Model Concept Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cibodas Kabupaten Bandung Barat. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pus-taka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles