KAJIAN PEMBELAJARAN ETNOSAINS DENGAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Mashuri

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak memahami tentang materi pelajaran dalam muatan IPA dasar, maka hadirlah solusi mengenai hal ini yaitu pendekatan etnosains pada pelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji seberapa penting dan efektif etnosains di lakukan pada pelajaran IPA di sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan studi literatur, penelti melakukan kajian terhadap beberapa artikel yang terindeks serta melakukan analisis didalamnya untuk mendapatkan informasi yang valid dan berguna. Kesimpulan dari penellitian ini adalah etnosains memberikan dampak belajar yang baik bagi siswa, didalamnaya berkaitan erta dengan lingkungan alam yang dapat dikaitkan pada setiap muatan pelajaran terkhusus pada muatan IPA, seperti belajar membuat suatu kerajian yang memanfaatkan bahan alam di sekitar, mengaitkan materi ajar dengan kondisi alam sekitar, dan lain-lain.

Kata Kunci: Etnosains, IPA, Siswa sekolah dasar.

 

CONTEXTUAL STUDY OF ETHNOSCIENCE LEARNING IN SCIENCE LESSONS IN PRIMARY SCHOOLS

 

ABSTRACT

This study is motivated by students who do not understand about the subject matter in the basic science content, then there is a solution on this subject is the ethnoscience approach to science. The purpose of this study is to assess how important and effective ethnoscience in doing science lessons in elementary school. The research method used is the study of literature, researchers conducted a study of several articles that are indexed and analyzed therein to obtain valid and useful information. The conclusion of this research is that ethnoscience provides a good learning impact for students, in which it is related to the natural environment that can be associated with each lesson content, especially in science content, such as learning to make a craft that utilizes natural materials around, associating teaching materials with surrounding natural conditions, and others.

Keywords: Ethnoscience, Science, Elementary School students.

 

Referensi

Alfiana, & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5721–5727.

Desstya, A. (2016). Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i2.1002

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Etnosains Sebagai Upaya Belajar Secara Kontekstual Dan Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345.

Farisi, M. I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) Sebagai Model Penilaian Dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, 1–10. Http://Utsurabaya.Files.Wordpress.Com/2012/12/Kin-Unesa.Pdf

Fitria, M., & Widi, A. (2018). The Development Of Ethnoscience-Based Chemical Enrichment Book As A Science Literacy Source Of Students. International Journal Of Chemistry Education Research, 2(1), 50– 57.

Fitriyeni. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Etnosains Melayu Riau Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 441–451.

Kantina, S., Suryanti, & Suprapto, N. (2022). Mengkaji Pembuatan Garam Gunung Krayan Dalam Etnosains Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 6763–6773.

Kantina, Sri, Suryanti, & Suprapto, N. (2022). Mengkaji Pembuatan Garam Gunung Krayan Dalam Etnosains Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6763–6773.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V19i1.4552

Pratiwi, M. A., & Wikantiyoso, R. (2022). Local Wisdom As Cultural Resilience On Tourism Activities (Case Study: Penglipuran Bali Traditional Village). Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal. Https://Doi.Org/10.26905/Lw.V14i2.6857

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.

Rosyidah, & Atmojo, S. E. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 5–13. Https://Doi.Org/10.26714/Jps.6.1.2018.5-13

Senjawati. (2020). Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Integrated Science Education Journal (ISEJ), 1(2), 44–48. Https://Doi.Org/10.37251/Isej.V1i2.78

Setyowati, R., Parmin, & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Ssiwa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2), 245–253.

Sudarmin. (2015). Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal: Konsep Dan Penerapannya Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Sunarno, W. (2018). Pembelajaran IPA Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Unipma, 1– 8.

Utami, A. T., & Sayekti, I. C. (2023). Kajian Etnosains Pembuatan Pisau Sebagai Kearifan Lokal Kabupaten Klaten Pada Materi Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Attadib: Journal Of Elementary Education, 7(2).

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 140–147.

Wardani, K. S. K., Astria, F. P., Nurwahidah, & Hasnawati. (2023). Workshop Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Ipa Berbasis. 7(3), 1980–1985.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles