PENERAPAN METODE SCAFFOLDED READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Penulis

  • Henny Rahmawati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam pemahaman membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode scaffolded reading terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa sekolah dasar Tegongan 02 kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Hasil pada penelitian ini nilai thitung = 2,780 dan nilai  ttabel  = 1,708, maka thitung  >  ttabel, ini menunjukan H1 di terima. maka dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan  kemampuan  membaca pemahaman dan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan metode scaffolded reading.

Kata kunci:  Metode Scaffolded Readin:, Membaca pemahaman; Berpikir kritis.

 

APPLICATION OF THE SCAFFOLDED READING METHOD IN LEARNING STUDENTS' READING COMPREHENSION AND CRITICAL THINKING ABILITIES

 

ABSTRACT

This research was motivated by students' lack of reading comprehension in Indonesian language learning. This research aims to determine the use of the scaffolded reading method on the reading comprehension abilities of Tegongan 02 elementary school students, Tanjung sub-district, Brebes Regency, Central Java Province. The results of this study are tcount = 2.780 and ttable value = 1.708, so tcount > ttable, this shows that H1 is accepted. So it can be concluded that there are differences and improvements in reading comprehension and critical thinking skills using the scaffolded reading method.

Keywords: Scaffolded Reading Method:, Reading comprehension; Critical thinking

 

Referensi

A.R., Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama

Ali, Mohammad. (2011). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Cahyani, isah, (2011). Menulis Proposal Penelitian. Bandung : CV. Bintang

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dexzrecc. (2008). Arti dan Makna Pembelajaran. Diterima 2 Desember 2008 dari http://dexzrecc.wordpress.com.

di Kelas Rendah. Yogyakarta : PASS

E. 2003. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Bahasa Indonesia. Bandung : Irama Widya

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Akasara

Lambertus. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD melalui Pendekatan Matematika Produk Realistik. Disertasi Doktor Pendidikan Matematika pada SPs UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Munandar, Utami. 2009. Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Tampubolon, D.P. (2008). Kemampuan Membaca: teknik membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketermapilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20, 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Warli Artika

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles