PENERAPAN METODE SCAFFOLDED READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam pemahaman membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode scaffolded reading terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa sekolah dasar Tegongan 02 kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Hasil pada penelitian ini nilai thitung = 2,780 dan nilai ttabel = 1,708, maka thitung > ttabel, ini menunjukan H1 di terima. maka dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan metode scaffolded reading.
Kata kunci: Metode Scaffolded Readin:, Membaca pemahaman; Berpikir kritis.
APPLICATION OF THE SCAFFOLDED READING METHOD IN LEARNING STUDENTS' READING COMPREHENSION AND CRITICAL THINKING ABILITIES
ABSTRACT
This research was motivated by students' lack of reading comprehension in Indonesian language learning. This research aims to determine the use of the scaffolded reading method on the reading comprehension abilities of Tegongan 02 elementary school students, Tanjung sub-district, Brebes Regency, Central Java Province. The results of this study are tcount = 2.780 and ttable value = 1.708, so tcount > ttable, this shows that H1 is accepted. So it can be concluded that there are differences and improvements in reading comprehension and critical thinking skills using the scaffolded reading method.Keywords: Scaffolded Reading Method:, Reading comprehension; Critical thinking
Referensi
A.R., Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama
Ali, Mohammad. (2011). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Cahyani, isah, (2011). Menulis Proposal Penelitian. Bandung : CV. Bintang
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Dexzrecc. (2008). Arti dan Makna Pembelajaran. Diterima 2 Desember 2008 dari http://dexzrecc.wordpress.com.
di Kelas Rendah. Yogyakarta : PASS
E. 2003. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Bahasa Indonesia. Bandung : Irama Widya
Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Akasara
Lambertus. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD melalui Pendekatan Matematika Produk Realistik. Disertasi Doktor Pendidikan Matematika pada SPs UPI Bandung : Tidak diterbitkan
Munandar, Utami. 2009. Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta
Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Tampubolon, D.P. (2008). Kemampuan Membaca: teknik membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketermapilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20, 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Warli Artika
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.