PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TERBIMBING DAN PROSES MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI

Penulis

  • Eka Puji Rahayu

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dan peningkatan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran menulis terbimbing dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran proses menulis terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukan  bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil diperoleh nilai thitung = 2,1 dan nilai  ttabel  = 1,68. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dan peningkatan kemampuan siswa yang menggunakan model menulis terbimbing dan model proses menulis.

Kata kunci:  menulis terbimbing; proses menulis, kemampuan menulis paragraf deskripsi.

 

THE INFLUENCE OF GUIDED WRITING LEARNING MODELS AND THE WRITING PROCESS

 DESCRIPTION PARAGRAPH WRITING SKILLS

ABSTRACT

This research was motivated by students' lack of ability to write descriptive paragraphs. The research aims to determine the differences in influence and improvement between students who use the guided writing learning model and students who use the writing process learning model on the ability to write descriptive paragraphs for fourth grade elementary school students. The results of this research show that there are differences between the experimental class and the control class with the results obtained tcount = 2.1 and ttable value = 1.68. So it can be concluded that there is an influence and improvement in students' abilities who use the guided writing model and the writing process model.

Keywords: guided writing; writing process, ability to write descriptive paragraphs.

 

Referensi

Abidin,Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: PT Reflika Aditama

Afrianti, R. (2011). Peningkatan Kemampuan menulis paragraf Melalui penggunaan Model Jejaring Ide Berorientasi Imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 24 Bandung. Tesis Magister Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Bandung : tidak diterbitkan

Ali Mohammad. (2007). Modul Teori Dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Alwasilah Chaedar A. (2013). Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Creswell W.John. (2010).Penerjemah Achmad Fawaid. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departement for children. (2007). Improving Writing With A Focus on Guided Writing. Norwich: Primary National Strategy

Depdiknas. (2007). Kamus Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Kemendikbud. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas

NSW Departement of Education and Training. (1999). Focus on literacy: Writing. Curriculum Support Directorate: NSW government schools.

Oczkus, Lori D. (2007). Guided Writing: Practical lessons, powerful results. Portsmouth: Heinemann

Panitia Sertifikasi Guru. (2012). Bahan Ajar Bahasa Indonesia SD/MI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rimma. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Menulis Terbimbing Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata Syaodih N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriatna, Mamat (2013). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tarigan Djago. (2009). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Zemach E Dorthy, Islam Carlos (2010). Wrting in Paragraphs. Oxford: Macmillan Publisher

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles