PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TERBIMBING DAN PROSES MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dan peningkatan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran menulis terbimbing dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran proses menulis terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil diperoleh nilai thitung = 2,1 dan nilai ttabel = 1,68. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dan peningkatan kemampuan siswa yang menggunakan model menulis terbimbing dan model proses menulis.
Kata kunci: menulis terbimbing; proses menulis, kemampuan menulis paragraf deskripsi.
THE INFLUENCE OF GUIDED WRITING LEARNING MODELS AND THE WRITING PROCESS
DESCRIPTION PARAGRAPH WRITING SKILLS
ABSTRACT
This research was motivated by students' lack of ability to write descriptive paragraphs. The research aims to determine the differences in influence and improvement between students who use the guided writing learning model and students who use the writing process learning model on the ability to write descriptive paragraphs for fourth grade elementary school students. The results of this research show that there are differences between the experimental class and the control class with the results obtained tcount = 2.1 and ttable value = 1.68. So it can be concluded that there is an influence and improvement in students' abilities who use the guided writing model and the writing process model.Keywords: guided writing; writing process, ability to write descriptive paragraphs.
Referensi
Abidin,Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: PT Reflika Aditama
Afrianti, R. (2011). Peningkatan Kemampuan menulis paragraf Melalui penggunaan Model Jejaring Ide Berorientasi Imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 24 Bandung. Tesis Magister Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Bandung : tidak diterbitkan
Ali Mohammad. (2007). Modul Teori Dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Alwasilah Chaedar A. (2013). Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Creswell W.John. (2010).Penerjemah Achmad Fawaid. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Departement for children. (2007). Improving Writing With A Focus on Guided Writing. Norwich: Primary National Strategy
Depdiknas. (2007). Kamus Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Kemendikbud. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas
NSW Departement of Education and Training. (1999). Focus on literacy: Writing. Curriculum Support Directorate: NSW government schools.
Oczkus, Lori D. (2007). Guided Writing: Practical lessons, powerful results. Portsmouth: Heinemann
Panitia Sertifikasi Guru. (2012). Bahan Ajar Bahasa Indonesia SD/MI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Rimma. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Menulis Terbimbing Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata Syaodih N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Supriatna, Mamat (2013). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tarigan Djago. (2009). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Zemach E Dorthy, Islam Carlos (2010). Wrting in Paragraphs. Oxford: Macmillan Publisher
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.