KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC DAN TTW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF
Abstrak
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah model kooperatif circ dan TTW belum pernah digunakan dan pembelajaran dan pembelajaran masih berorientasi pada guru sehingga kurangnya antusias siswa pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model kooperatif circ dan TTW terhadap kemampuan menulis deskriptif kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Studi Quasi Eksperimen. Instrumen yang digunakan dala penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Tes terdiri dari Pretest dan Posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t dan n-gain). Hal ini menunjukkan hasil analisis uji t bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dan uji n-gain yang menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi. Maka dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan yang signifikan efektifitas pembelajaran menulis teks naratif dengan menggunakan model kooperatif circ dan TTW terhadap peningkatan kemampuan menulis deskriptif.
Kata kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition; Think Talk Write; kemampuan menulis deskriptif.
THE EFFECTIVENESS OF LEARNING TO WRITE NARRATIVE TEXT USING THE CIRC AND TTW COOPERATIVE MODEL TO IMPROVE DESCRIPTIVE WRITING ABILITY
ABSTRACT
The background to this research is that the Circ and TTW cooperative models have never been used and teaching and learning is still teacher-oriented, resulting in a lack of student enthusiasm for learning. This research aims to determine the effectiveness of using the Circ and TTW cooperative models on the descriptive writing abilities of class IV, totaling 36 students. This research uses a Quasi Experimental Study method. The instrument used in this research was a written test in the form of multiple choices. The test consists of a Pretest and Posttest. The data analysis technique for this research uses normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests (t and n-gain tests). This shows the results of the t test analysis that the calculated t is greater than the t table and the n-gain test shows an increase in the high category. Thus, the conclusion of this research can be stated that there is a significant difference and increase in the effectiveness of learning to write narrative texts using the Circ and TTW cooperative models in improving descriptive writing skills.
Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition; Think Talk Write; descriptive writing skills.
Referensi
Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartono, Jogiyanto. (2006). Filosofi, Pendekatan, Dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Haryono, Daniel dan Damayanti Desi. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: PT. Media Pustaka Pheonik.
Keraf, Gorys. (2004), Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kuncoro, Mudrajad. (2009). Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.
Nurhadi. (2005). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Surya, Muhammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). MEMBACA: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman. (1994). Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: University Press.
Zamarah, Saeful Bahri, dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.