UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN LKPD BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Dolfinus Moktis

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan Penulisan Praktik ini adalah untuk mendeskripsikan praktik penulis dalam menerapkan pembelajaran higher order thinking skills (HOTS), sasaran pelaksanaan ini adalah siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Manokwari sebanyak 32 orang. Pembelajaran descriptive text dengan model pembelajaran discovery learning layak dijadikan praktik pembelajaran berorientasi HOTS karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran descriptive text dengan model pembelajaran discovery learning yang dilaksanakan tidak sekedar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK,literasi dan kecakapan abad 21.

Kata kunci:  Best Practice, Discovery Learning, Descriptive Text

 

 

OBSERVATION OF THE APPLICATION OF THE DISCOVERY LEARNING TEACHING MODEL TO ENHANCE HIGH-ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

 

ABSTRACT

The purpose of writing this practice is to describe author’s practice in implementing higher order thinking skills (HOTS) oriented learning. The target of implementing this best practice is 160 grade VII students at SMP Negeri 2 Manokwari. Descriptive text learning with the discovery learning model is appropriate as a HOTS oriented learning practice because it can improve students’ abilities in transferring knowledge, critical thinking and problem solving. By systematically and carefully preparing lesson plan  (RPP), learning descriptive text using the discovery learning is not only HOTS oriented, but also integrates PPK, literacy and 21st century skills.

Keywords: Best Practice, Discovery Learning, Descriptive text.

 

Referensi

Arikunto, Suharmi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Gafur, A dan Milaningrum. E (2015). Penulisan Teks Prosedur yang dinilai Menggunakan

Portofolio Kepada Mahasiswa Semester Empat Pada Jurusan Tata Boga Di Politeknik Negeri Balikpapan. (Jurnal Sains Terapan, Vol 1, No 1.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitan. Bogor Selatan. Penerbit Ghalia Indonesia.

Pradana, Putu Gede Ari, dkk. 2015. "Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode

Discovery Learning di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Blahbatuh." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha, Vol.3, No.1.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Samion dan Darma, Yudi. (2016). Potret Pendidikan dan Kompetasi Guru di Daerah Perbatasan Kabupaten Sanggau. Jurnal Borneo Akcaya: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Publik. Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat. Volume 3 Nomor (1):1-15.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara.

Susiati. (2018). Homonim Bahasa Kepulauan Tukang Besi Dialek Keledupa di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Totobuang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, Kantor Bahasa Maluku Volume 6 Nomor (1):109-123.

Resti Septikasari, Rendy Nugraha Frasandy (2018) Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles