UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN LKPD BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD berbasis masalah pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X MIPA SMAS Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon. Langkah-langkah pelaksanaan yang telah dilakukan penulis, diantaranya memilih pendekatan, model pembelajaran, bahan ajar, metode dan media yang sesuai. Guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan. Model pembelajaran PBL menggunakan metode berupa diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab. Sedangkan bahan ajar menggunakan LKPD berbasis masalah. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis hasil belajar dapat diketahui nilai rata-rata pretest adalah 65,50 dan nilai rata-rata postest 72,00 dikarenakan siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sudah melebihi 80% yaitu 10 siswa, dan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 2 siswa dengan presentasi 20%. Nilai tertinggi pretest adalah 90 dan postest 95 dan nilai terendah pretest adalah 60 dan postest 70. Hasil proses diskusi yang dilakukan siswa dalam pembelajaran mendapatkan nilai yang baik, dan penilaian LKPD peserta didik juga dalam pembelajaran mendapatkan nilai yang baik. Dengan penilaian hasil LKPD berbasis masalah peserta didik mampu menganalisis permasalahan sangat baik 90%, kelancaran mengevaluasi pemecahan masalah sangat baik 85%, dan kualitas hasil laporan pemecahan masalah sangat baik 80%. LKPD berbasis masalah ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan materi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dengan LKPD berbasis masalah dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif untuk berfikir tingkat tinggi mulai dari menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Menyadari betapa pentingnya pembelajaran yang demikian, maka pendidik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
Kata kunci: Kemampuan berfikir tingkat tinggi, PBL; LKPD
EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' HIGH-LEVEL THINKING SKILLS THROUGH THE PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MODEL ASSISTED BY PROBLEM-BASED WORKSHEETS (LKPD) IN THE ENVIRONMENTAL CHANGES MATERIAL
ABSTRACT
This study aims to improve students' high-level thinking skills through the application of the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by problem-based worksheets (LKPD) in the Environmental Changes material for 10th-grade science students at Muhammadiyah Lemahabang High School, Cirebon Regency. The steps taken by the author include selecting an approach, learning model, teaching materials, suitable methods, and media. Teachers used the Problem-Based Learning (PBL) model in the Environmental Changes material. PBL involves methods such as group discussions, presentations, and question-and-answer sessions. The teaching material utilized problem-based worksheets. The research procedure consists of four stages: (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. Based on the analysis of learning outcomes, the average pretest score was 65.50, and the average posttest score was 72.00. This is because students who scored above the minimum passing grade (KKM) exceeded 80%, with 10 students, while those below KKM were 2 students, accounting for 20%. The highest pretest score was 90, and the highest posttest score was 95, while the lowest pretest score was 60, and the lowest posttest score was 70. The results of student discussions during learning were good, and the assessment of problem-based worksheets showed positive results. Based on the problem-based worksheets assessment, students were able to analyze problems very well at 90%, evaluate problem-solving very well at 85%, and the quality of problem-solving reports was very good at 80%. It is expected that these problem-based worksheets can improve students' mastery of the material. In conclusion, the use of the PBL model with problem-based worksheets can provide students with opportunities to actively engage in high-level thinking, from analyzing to evaluating and creating. Recognizing the importance of such learning, educators can enhance the quality of learning continuously.
Keywords: High-level thinking skills, PBL, Worksheets (LKPD)
Referensi
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. JOTE : Journal On Teacher Education, 3(3), 65–81. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Fakhrizal, T., & Hasanah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X Sma Negeri 1 Kluet Tengah. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(2), 200. https://doi.org/10.22373/biotik.v8i2.8222
Hartono, R. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 188–197. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.71
Hasanah, Z., Tenri Pada*, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644
Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.395
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047
Muhammad Hasbullah Ridwan (2022) “Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa” Jurnal Tarbiyatuna, vol. 2, No. 2, Januari 2022:150. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718
Prandifa, R., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407–417.
Redani, V., & Arsih, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Ketrampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Biologi Siswa. Ruang-Ruang Kelas : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 27-31. https://doi.org/10.24036/rrkjurnal.v3i1.154
Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and heat learning through SSCS model with scaffolding: Impact on students’ critical thinking ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–52. https://doi.org/10.17478/JEGYS.2018.80
Silaban, B., Batu, E. D. L., Surbakti, M., Silaban, W. M., & Pasaribu, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Problem-Based Learning di SMP Negeri 1 Borbor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3956–3962. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.961
Wibawanti, A., Murdiono, M., & Muryati, T. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model PBL dalam Muatan IPA pada Siswa Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 175–183. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.162
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.