PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SOAL CERITA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SD NEGERI PENDE 01
Abstrak
ABSTRAK
Hasil penelitian mengenai hasil belajar siswa kelas 1 dalam pembelajaran matematika mengenai soal cerita pejumlahan melalui metode bermain peran di sekolah dasra Pende 01 menunjukan hasil bahwa pada pra siklus hasilnya masih jauh dari harapan yaitu dengan rata rata klasikal minimal 70 dan capaian 85%, sedangkan pada siklus 1 secara rata rata klasikalsudah di atas rata rata minimum akan tetapi pencapaian belum mencapai 85%, dan baru tuntas pada saat sijlus kedua itupun masih tersisa satu peserta didik yang belum tuntas disebabkan karna masih kurang lancar dalam membaca, sehingga harus dilakukan remidial.
Kata kunci: bermain peran, soal cerita, peningkatan, hasil belajar
IMPROVEMENT OF GRADE 1 STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN MATHEMATICS REGARDING ADDITION WORD PROBLEMS THROUGH ROLE-PLAYING METHOD AT PENDE 01 ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
The results of research regarding the learning outcomes of grade 1 students in learning mathematics regarding addition story problems using the role-playing method at the Pende 01 elementary school show that in the pre-cycle the results were still far from expectations, namely with a minimum classical average of 70 and an achievement of 85%, whereas in the cycle 1 classical average is already above the minimum average, but achievement has not yet reached 85%, and it was only completed during the second cycle and even then there was still one student who had not completed it because he was still not fluent in reading, so remedial training had to be carried out.
Keywords: role playing, story questions, improvement, learning outcomes
Referensi
Suherman. E. (2001).Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICAMarsigit: 2013
Yeti E.Y.S,2020. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas VI. Sekolah Dasar (Yogyakarta: CV Budi Utama
Isro'atun,dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Sumardjan. (2017). Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Formaci Press.
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Suminarsih. 2007. Model – Model Pembelajaran Matematika.LPMP Jawa Tengah
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ari Yanto. 2015. Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. 1 (1): 56.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.