UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SD NEGERI GLONGGONGAN 02. MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE THE POWER OF TWO AND FOUR
Abstrak
ABSTRAK
Hasil peneliian mengenai peningkatan hasil belajarmatematia dikelas II SD Negeri Glonggongan 02 Menggunakan metode Cooperative The Power Of Twoand Four menunjukan bahwa pra PTK menujukan nilai yang masih jauh dari harapan pencapaian, Adapun harapan adalah dengn rata rata klasikal 70 dan pencapain 85%, hal inipun masih berlanjut Ketika masuk kedalam pembelajaran siklu 1 dimana secara rata rata klasikal telah melebihi rata rata ang ditentukan akn tetapi secara pencapaian belum mencapai 85%, dan pada akhirnya pencapaian di atas 85% terselesaikan pada siklus 2.
Kata kunci: cooperativ learning; The Power Of Two and Four. Metode, pembelajaran
EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES IN GRADE II OF GLONGGONGAN 02 ELEMENTARY SCHOOL USING THE COOPERATIVE THE POWER OF TWO AND FOUR METHOD
ABSTRACT
The results of research regarding improving mathematics learning outcomes in class II of SD Ngri Glonggongan 02 using the Cooperative The Power of Two and Four method show that pre PTK shows scores that are still far from expectations of achievement. The expectations are with a classical average of 70 and achievement of 85%, this is still continuing. When entering learning cycle 1, the classical average has exceeded the specified average but the achievement has not yet reached 85%, and in the end the achievement above 85% is completed in cycle 2.
Keywords: cooperative learning; The Power Of Two and Four. Method, learning
Referensi
Agus Suprijono, (2009) Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Agus AP (2020) Pembelajaran Kooperatif melalui Metode The Power of Two and Four, Sabtu, 24 Oktober 2020 | 18:28 WIB https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721372564/pembelajaran-kooperatif-melalui-metode-the-power-of-two-and-four
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung: Tarsito.
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas
Ismail SM, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. RaSAIL Media Group, Sidoardjo
Suminarsih. 2007. Model-Model Pembelajaran Matematika. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.