PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI SIGENTONG 03
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilakukan penelitian mengenai penggunaan media kartu bergambar sebagai Upaya meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Sigentong 03 didapatkan hasil sebagai berikut bahwa kemampuan membaca siswa kelas 1 sebelum dilakukan Tindakan sangat rendah . dari jumlah peserta didik 28 hanya sekitar 28,57 % peserta didik yang bisa membaca sisanya belum bisa. Setelah dilakukan tidakan dengan menggunakan media kartu bergambar siklus 1 menunjukan angka kenaikan kemampuan membaca siswa menjadi 69,20%. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus 1 dengan membagi kelompok lebih banyak sehingga setiap kelompok hanya berjumlah 4 orang, hasilnya menunjukan bahwa terjadi kenaikan peserta didik yang mampu membaca dengan baik sebanyak 92,3%. Sedangkan sisanya ada sebanyak 2 orang peserta didik ditindak lanjuti dengan mengikuti remidial.yaitu diadakan les setelah selesai pembelajaran.
Kata kunci: kartu bergambar, membaca, media.
THE USE OF PICTURE CARD GAME MEDIA
AS AN EFFORT TO IMPROVE READING ABILITIES
IN 1ST GRADE STUDENTS OF SIGENTONG 03 ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
After conducting research regarding the use of picture card media as an effort to improve the reading ability of grade 1 students at Sigentong 03 State Elementary School, the following results were obtained that the reading ability of grade 1 students before the action was taken was very low. Of the 28 students, only around 28.57% of students can read, the rest cannot. After carrying out actions using cycle 1 picture card media, the rate of increase in students' reading ability was 69.20%. Then improvements were made in cycle 1 by dividing more groups so that each group only had 4 people. The results showed that there was an increase in students who were able to read well by 92.3%. Meanwhile, the remaining 2 students were followed up by taking part in remedial training, namely tutoring after completing learning.
Keywords: picture cards, reading, media
Referensi
Basuki Wibawa dan Farida Mukti. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud
Darmadi, Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini, (Lampung: Guepedia, 2018), hlm. 7
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Muhsyanur, Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif, (Yogyakarta: Buginese ART, 2014), hlm.14
Nurhasanah, (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Permainan Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 12 Pontianak Timur. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/214430-1674359337.pdf
Orizsan Putra (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas I Di Sdit Al-Qiswah. Sripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu Tahun 2021. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7209/1/SKRIPSI%20ORIZSAN%20PUTRA.pdf
Siti Maemunawati, Muhammad Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pandemi, (Banten: 3M Media Karya Serang, 2020),
Supriyadi, dkk. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 2: Modul UT. Jakarta: Depdikbud
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.