UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN BANTARKAWUNG 01 PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN PANCASILA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peserta didik kelas V SD Negeri Bantarkawung 01 dalam pelajaran Pendidikan Pancasila tentang macam-macam norma dalam kehidupanku melalui penerapan model pembelajaran PBL dengan memanfaatkan media elektronik berupa handphone, infokus, dan ice breaking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 20 peserta didik sebagai partisipan pendidikan.
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai sintak PBL melalui metode diskusi menggunakan media elektronik dan video berbantu projektor. Saya menerapkan model PBL bertujuan untuk memberi peluang kepada peserta didik dalam berlatih berfikir kritis, aktif dan kreatif. Penyajian informasi melalui video untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Penerapan metode diskusi melatih peserta didik agar mampu berkolaborasi dalam menemukan informasi, mencari solusi dan menyimpulkan masalah melalui LKPD. Saya melakukan penilaian terhadap aspek pemahaman, pengetahuan, keterampilan, dan sikap baik secara individu maupun kelompok. Saya dan siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari, pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam.
Penerapan model PBL dengan media elektronik ( handphone ) dan video tentang macam-macam norma dalam kehidupanku melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian mengalami perubahan dengan perolehan : 75 % peserta didik tuntas mengerjakan soal tertulis individu, 75 % peserta didik mampu mengerjakan soal pada LKPD dan 50% peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sehingga saya dan peserta didik merasa senang dengan pembelajaran, ini menjadi Best Practise untuk pembelajaran saya.
Kata kunci: macam-macam norma dalam kehidupanku, model pembelajaran PBL, peserta didik kelas V SD Negeri Bantarkawung 01
EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS
SDN BANTARKAWUNG 01 ON PANCASILA EDUCATION SUBJECTS
THROUGH PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
ABSTRACT
This study aims to improve grade V students of Bantarkawung State Elementary School 01 in Pancasila education lessons about various norms in my life through the application of the PBL learning model by utilizing electronic media in the form of cellphones, infocus, and ice breaking media. The research method used was classroom action research involving 20 students as educational participants.
Learning activities are carried out according to PBL syntax through discussion methods using electronic media and projector-assisted videos. I apply the PBL model to provide opportunities for students to practice critical, active and creative thinking. Presentation of information through video to provide a different experience. The application of the discussion method trains students to be able to collaborate in finding information, finding solutions and concluding problems through LKPD. I assess aspects of understanding, knowledge, skills, and attitudes both individually and in groups. My students and I concluded the material that had been learned, the lesson ended with prayers and greetings.
The application of PBL models with electronic media (cellphones) and videos about variuos norms in my life through discussion methods can improve student learning outcomes. The assessment results have changed with the acquisition of: 75% of students completed individual written questions, 75% of students were able to do questions at LKPD and 50% of students were able to present the results of group discussions. So that I and my students feel happy with learning, this becomes the Best Practice for my learning.
Keywords: varoius norms in my life, PBL learning model, grade V students of Bantarkawung State Elementary School 01.
Referensi
Ahmad, Abu dan Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sholeh, M. 1998. Pokok-pokok pengajaran pendidikan pancasila sekolah. Jakarta: Depdikbud
Simanjuntak Lisnawaty, dkk. 1993. Metode mengajar pendidikan pancasila 1. Jakarta:Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.