IMPLEMENTASI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN VIDEO DAN LKPD BERBASIS PBL TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK KELAS X MERDEKA 9 DI SMA NEGERI 1 JALAKSANA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model PBL (Problem Based Learning) berbantuan video dan LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan kerja sama peserta didik kelas X Merdeka 9 di SMA Negeri 1 Jalaksana pada materi Inovasi Teknologi Biologi. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Merdeka 9 dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal evaluasi dan angket peserta didik. Teknik analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini selain penyajian hasil berupa data berupa angka peneliti juga menentukan pengolahan hasil dengan membuat analisis implementasi model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan kerja sama peserta didik berbantuan video dan LKPD berbasis PBL. Hasil penelitian untuk kemampuan kerja sama peserta didik diperoleh nilai rata-rata yaitu 87,50 dengan kategori sangat baik artinya peserta didik sudah dapat bekerja sama dalam kegiatan diskusi kelompok. Penilaian ini digunakan untuk mengetahui kerja sama peserta didik dalam diskusi kelompok, hasil yang diperoleh adalah peserta didik dapat bekerja sama dengan peserta didik lainnya saat berdiskusi memecahkan permasalahan tanaman endemik yang ada di Indonesia dengan pemanfaatan Inovasi Teknologi Biologi. Hasil rata-rata nilai evaluasi yang diperoleh peserta didik yaitu 83, sehingga dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) memfasilitasi peserta didik untuk mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Analisis angket peserta didik memperoleh hasil 80% yang menunjukkan respon peserta didik terhadap implementasi model PBL (Problem Based Learning) berbantuan Video dan LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan kerja sama peserta didik termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini, model PBL (Problem Based Learning) berbantuan media video dan LKPD berbasis PBL mampu memfasilitasi peserta didik dalam kemampuan kerja sama.
Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), LKPD berbasis PBL, Kerja sama
IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL
(PROBLEM-BASED LEARNING) ASSISTED BY VIDEO AND
PBL-BASED LKPD ON STUDENTS' COOPERATION SKILLS
CLASS X MERDEKA 9 AT SMA NEGERI 1 JALAKSANA
ABSTRACT
This study aims to determine the implementation of the PBL (Problem Based Learning) model with video assistance and PBL-based LKPD on the cooperation skills of class X Merdeka 9 students at SMA Negeri 1 Jalaksana on Biological Technology Innovation material. The object of this research is students of class X Merdeka 9 with a total of 20 students. The data collection technique uses evaluation questions and student questionnaires. The data analysis technique uses the Microsoft Excel application. The sampling technique used in this study is a non-probability sampling technique of purposive sampling type. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. In this study, in addition to presenting the results in the form of data in the form of numbers, researchers also determine the processing of results by analyzing the implementation of the PBL (Problem Based Learning) model on the cooperation skills of students assisted by videos and PBL-based LKPD. The results of the study for the ability of student cooperation obtained an average value of 87.50 with a very good category, meaning that students have been able to work together in group discussion activities. This assessment is used to determine the cooperation of students in group discussions, the results obtained are students can work together with other students when discussing solving the problem of endemic plants in Indonesia by utilizing Biological Technology Innovation. The average evaluation score obtained by students is 83, so that using the PBL (Problem Based Learning) model facilitates students to achieve learning outcomes in accordance with learning objectives. Analysis of students' questionnaires obtained a result of 80% which shows the response of students to the implementation of the PBL (Problem Based Learning) model assisted by Video and PBL-based LKPD to the cooperation skills of students including a very good category. The conclusion in this study is that the PBL (Problem Based Learning) model assisted by video media and PBL-based LKPD is able to facilitate students in the ability to work together.
Keywords: PBL (Problem Based Learning), PBL-based LKPD, Cooperation.
Referensi
Alfath, Johnli. (2023). “Peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui problem based learning pata mata pelajaran biologi kelas X SMAN 1 Ketungau Hulu”. Secondary : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol 3. No 1. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/368684553
Astuti, Sry, et.al. (2018). “Pengembangan lkpd berbasis pbl (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia”. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, 2018, Vol.1, No.2 (90-114). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/cer/article/view/5614
Bahri, Arsad, dkk. (2018). “Peran PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah biologi”. Jurnal Sainsmat: Vol. VII, No. 2.
Binus. (2019). Manfaat video based learning dan tips untuk membuatnya. (Online). Retrieved from https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/manfaat-video-based-learning-dan-tips-untuk-membuatnya/
Fitriana, Nurika. Et.al. (2023). “Implementasi pbl (problem-based learning) berbantuan media video sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA”. Jurnal Ilmiah Global Education, 1215-1229. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/374379623
Prasutri, Desta Rmadhanty. et.al. (2019). “Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan kolaboratif siswa sma pada pembelajaran biologi. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya ke-4. Hal. 489-496. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/374379623
Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11596/1/4%20Arsad%20Bahri%20114-124.pdf
Setiawan, Iwan. 2023. Pentingnya penilaian objektif dan mendalam dalam pembelajaran di kelas. Retrieved from https://man4pandeglang.sch.id/blog/pentingnya-penilaian-objektif-dan-mendalam-dalam- pembelajaran-di-kelas/
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Tyas, Retnaning. (2017). “Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika”. Technoscienza: Vol.2 No.1. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/kesulitan-penerapan-problem-based-learning-dalam-tyas/1c9b69829e25e798c7c99891b7c0dacca7668e71
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.