PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Penulis

  • Herik Sahari

Abstrak

 

ABSTRAK

Keaktifan belajar siswa merupakan unsur terpenting dalam pembelajaran, karena keaktifan akan berpengaruh besar pada keberhasilan proses pembelajaran. Keterlibatan siswa secara aktif pada proses pembelajaran masih rendah. Adapun rendahnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran dikarena siswa belum mempunyai motivasi yang muncul dalam diri untuk memperoleh informasi dari membaca. Hal ini dikarenakan guru menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan presentasi. Penelitian ini akan berfokus pada upaya untuk meningkatkan keaktifan  siswa pada materi pencemaran air di SMK Negeri 5 Kuningan melalui model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif melalui pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan rekan sejawat dan evaluasi terhadap pembelajaran di kelas X SMKN 5 Kuningan tahun pembelajaran 2023-2024 sebanyak 15 orang siswa sebagai sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan menunjukkan perolehan dinilai pada aspek sikap sosial yaitu pada sikap tanggung jawab dengan nilai rata-rata sebesar 92,8%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat bertanggungjawab dalam melakukan diskusi saat praktikum. Sikap gotong royong sebesar 92,8%. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan diskusi dapat memfasilitasi siswa untuk bertanggung jawab dan bergotong royong dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil presentasi dengan nilai rata-rata sebesar 3,9. Hal ini menunjukan bahwa presentasi sudah baik, dikarenakan presentasi dapat melatih siswa untuk belajar aktif dalam menyampaikan tugas secara lisan. Hasil penilaian LKPD berbasis diagram vee dengan nilai rata-rata sebesar 3,56. Hal ini menunjukan bahwa itu LKPD menuntun siswa untuk melaksanakan proses sains yang memfasilitasi siswa agar mampu mengintrepetasikan analisis data serta memecahkan masalah yang bersipat kontekstual.

Kata kunci:  keaktifan siswa, inkuiri terbimbing, metode praktikum

APPLICATION OF A GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL USING PRACTICUM METHODS TO INCREASE STUDENT ACTIVITY

 

ABSTRACT

Student learning activity is the most important element in learning, because activity will have a big influence on the success of the learning process. Active student involvement in the learning process is still low. The low level of student involvement in the learning process is because students do not yet have the motivation to obtain information from reading. This is because teachers deliver learning material using the lecture method so that students are less actively involved in discussion and presentation activities. This research will focus on efforts to increase student activity in water pollution material at SMK Negeri 5 Kuningan through a guided inquiry learning model with practicum methods. The method used in the research is a quantitative descriptive method through data collection through observation and interviews with colleagues and evaluation of learning in class Based on the results of data processing and discussion, it shows that gains were assessed in the social attitude aspect, namely in the attitude of responsibility with an average score of 92,8%. This shows that students can be responsible in conducting discussions during practicum. The mutual cooperation attitude was 92,8%. This shows that holding discussions can facilitate students to be responsible and work together in achieving learning goals. The presentation results with an average score of 3,9. This shows that the presentation is good, because the presentation can train students to learn actively in conveying assignments orally. The results of the vee diagram-based LKPD assessment with an average score of 3,56. This shows that the LKPD guides students to carry out science processes that facilitate students to be able to interpret data analysis and solve contextual problems.

 

Keywords: student activity, guided inquiry, practicum methods

Referensi

Juhji, J. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58-70.

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jppi/article/view/419

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371.

https://mail.online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6751

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/33

Dewi, P. S., Saefudin, S., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Problem Based Learning dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa pada Materi Pencemaran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 128-132).

https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5674

Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan lembar kerja praktikum berbasis diagram vee guna memfasilitasi kegiatan laboratorium secara bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62.

https://rama.uniku.ac.id/140/1/14.%20Pengembangan%20lembar%20kerja%20praktikum%20berbasis%20diagram%20vee%20guna%20memfasilitasi%20kegiatan%20laboratorium%20secara%20bermakna.pdf

Umah, S. K., Sudarmin, S., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan petunjuk praktikum ipa terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema makanan dan kesehatan. Unnes Science Education Journal, 3(2).

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/3348

Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78-86.

https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/14081

Umami, R., Lestari, B. A., Arifin, N., & Zulfaeda, A. (2023). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Keaktifan Belajar Dan Keterampilan Menyimpulkan Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MAN 1 Kabupaten Lombok Barat. Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(2), 86-92.

https://otusedujournal.ac.id/index.php/oej/article/view/90

Juanta, P., Nababan, M. N., Sijabat, A., Yohandri, Y., & Festiyed, F. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) IPA FISIKA SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 204-208.

https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/1041

Parinduri, S. H., & Harahap, F. (2023). Efek model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa. Gravity Journal, 2(1), 1-8.

http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Gravity/article/view/8227

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., ... & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56-63.

https://mathedu.joln.org/index.php/edu/article/view/26

Hidayat, S. T., Istyowati, A., & Pratiwi, H. Y. (2023). Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 787-802.

http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/3964

Muhammad, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Aikmel (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39265

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-07

Terbitan

Bagian

Articles