UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LOSARI LOR 03 TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

Penulis

  • Siti Shofikah

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan media flash card pada siswa kelas III SDN Losari Lor 03 dalam kompetensi ini masih kurang dan belum memenuhi KKM, yaitu 65. Penelitian ini dilaksanakan, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Losari Lor 03 Kec. Losari Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 21 anak .Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Rancangan penelitian tindakan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas III SDN Losari Lor 03. Hasil belajar  rata-rata 57, 5 pada prasiklus; 62, 5 pada siklus I; 68, 57 pada siklus II; dan 76, 78 pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Losari Lor 03 pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.

Kata Kunci : Matematika, Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan, Media Pembelajaran `Flash Card

EFFORTS TO INCREASE ACTIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN MATHEMATICS MATERIAL FOR ADDITION AND SUBTRACT CALCULATION OPERATIONS USING FLASH CARD MEDIA IN CLASS III STUDENTS OF LOSARI LOR 03 STATE PRIMARY SCHOOL

ACADEMIC YEAR 2022 / 2023

ABSTRACT

This research aims to increase the activeness and learning outcomes of mathematics in addition and subtraction arithmetic operations material using flash cards in class III students at SDN Losari Lor 03 in this competency which is still lacking and does not meet the KKM, namely 65. This research was carried out with the aim of improving their abilities. calculate addition and subtraction.

This research is classroom action research (PTK). The research subjects were class II students at SDN Losari Lor 03 Kec. Losari for the 2022/2023 academic year with a total of 21 students. This research was carried out in three cycles. The action research design for each cycle consists of planning, implementing actions, observing and reflecting. Data is obtained from observations, tests and documentation. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative.

The result of this research is an increase in student learning outcomes in addition and subtraction arithmetic operations material for class III students at SDN Losari Lor 03. Average learning outcomes were 57.5 in the pre-cycle; 62.5 in cycle I; 68, 57 in cycle II; and 76, 78 in cycle III. Thus, it can be concluded that the use of flash card learning media can improve the learning outcomes of class III students at SD Negeri Losari Lor 03 on the material of addition and subtraction arithmetic operations.

Keywords: Mathematics, Addition and Subtraction Calculation Operations, Flash Card Learning Media

Referensi

Arikunto Suharsimi. 2007. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Bahri, Syaiful Drs.. 2008. Psikologi belajar. Jakarta : Bumi Aksara

Daryanto H. 2013. Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Fitria, Y. (2018). Progressive interview learning model as innovation in improving student literasy. International Journal of Language and Literature, 2(1), 1-20.

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-based learning. educational psychology. ESPY 505.

Jannah,W.N. 2016. Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (aspek metakognitif) dan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).

Kemendikbud. 2017. Silabus mata pelajaran sekolah menengah atas/ madrasah aliyah (sma/ma) : mata pelajaran fisika”. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58.

Nurhayati Ai Sri, Dwi Harianti. Model pembelajaran project based learning. https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_5.pdf

Saputra, H. 2013. Studi tentang kemampuan berkomunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kegiatan belajar mengajar di sdn 017 kota Samarinda. E- Journal Ilmu Komunikasi, tahun, 1(1): 290-300.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ipa materi pencemaran lingkungan melalui model pjbl siswa kelas vii smpn 9 Salatiga. jurnal pendidikan mipa, 10(1), 16-22.

Sudrajat Akhmad. Pembelajaran dan penilaian psikomotorik. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-psikomotorik/. 15 Agustus 2018

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013( kurikulum tematik integratif). Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011). “Model pembelajaran terpadu”. Jakarta: Bumi Aksara

Ulandari, T., Susilawati, Z., & Riyanto, R. (2023). Penerapan project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pelestarian dan perubahan lingkungan kelas x. 2 sma negeri 2 palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(2), 13-22.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-07

Terbitan

Bagian

Articles