PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PENANGGAPAN 04
Abstrak
ABSTRAK
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Model pembelajaran ini mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk didalamnya tujuan pengajaran, tahap-tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan cara berpikir kritis peserta didik pada satuan pendidikan SD Negeri Penanggapan 04 materi Perkalian bilangan cacah dengan metode perkalian garis ala Jepang. Subjek pada penelitian ini berjumlah 34 peserta didik. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam metode penyelesaian masalah pada peserta didik dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,Sehingga dalam proses penelitian dapat memudahkan pembaca dalam mengkaji serta menelaah proses yang terjadi dalam penelitian ini. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi non-partisipan yang dalam pelaksanaannya, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan yang diteliti. Setelah penelitian ini dilakukan Dari hasil yang telah diteliti ditemukan fakta bahwa model pembelajaran problem based learning merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas 4 dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Matematika
APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL
IN MATHEMATICS LESSONS MULTIPLICATION MATERIAL
LAT NUMBERS IN CLASS IV STUDENTS
ANSWER STATE PRIMARY SCHOOL 04
ABSTRACT
A learning model is a plan or pattern that is used as a guide in planning learning in class or learning in tutorials. This learning model refers to the learning approach that will be used, including teaching objectives, stages of learning activities, learning environment and classroom management. This research aims to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the activities and critical thinking of students in the SD Negeri Penanggaran 04 educational unit on the material of multiplication of whole numbers using the Japanese-style line multiplication method. The subjects in this research were 34 students. The use of the Problem Based Learning learning model in problem solving methods for students in this research is expected to improve learning outcomes in Mathematics subjects. The method used in this research is a descriptive qualitative method, so that the research process can make it easier for readers to study and examine the processes that occur in this research. The data collection technique used in this research is non-participant observation, in which the researcher is not involved in the activities of the informants under study. After this research was carried out, the results of the research found that the problem based learning model is a learning method that can be applied in grade 4 and can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Model, Problem Based Learning, Mathematics
Referensi
Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. *EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3*(1), 133–139. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.91
Al Fath, A. M., & Muslim, A. H. (2022). Penggunaan Media KGW (Karton Gambar Wayang) pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Pendem II. *Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke- SD-an, 6*(1), 1–13. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12203
Susiba, S. (2020). Metode Pembelajaran Akidah Akhlak MI/SD. *El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3*(1), 55–63. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i1.9004
Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? *Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6*(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Kusrini, K., & Mustafa, F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII Mts Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera-Selatan. *Jurnal Geocivic, 2*(2). https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1475
Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. *Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10*(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817
Amin, A. K., et al. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. *International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15*(01), 119–141. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.17437
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. *Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21*(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. *Journal for Lesson and Learning Studies, 4*(2), 174–182. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995
Asmani, J. M. (2011). *Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah*. Gorontalo: Diva Press.
Permana, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa. *Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8*(2), 115. https://doi.org/10.25157/je.v8i2.4310
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.