PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PENANGGAPAN 04

Penulis

  • Atin Suprihatin

Abstrak


ABSTRAK

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Model pembelajaran ini mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk didalamnya tujuan pengajaran, tahap-tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan cara berpikir kritis peserta didik pada satuan pendidikan SD Negeri Penanggapan 04 materi Perkalian bilangan cacah dengan metode perkalian garis ala Jepang. Subjek pada penelitian ini berjumlah 34 peserta didik.  Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam metode penyelesaian masalah pada peserta didik dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,Sehingga dalam proses penelitian dapat memudahkan pembaca dalam mengkaji serta menelaah proses yang terjadi dalam penelitian ini. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi non-partisipan yang dalam pelaksanaannya, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan yang diteliti. Setelah penelitian ini dilakukan Dari hasil yang telah diteliti ditemukan fakta bahwa model pembelajaran problem based learning merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas 4 dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Matematika

 

APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL

IN MATHEMATICS LESSONS MULTIPLICATION MATERIAL

LAT NUMBERS IN CLASS IV STUDENTS

ANSWER STATE PRIMARY SCHOOL 04

 

ABSTRACT

A learning model is a plan or pattern that is used as a guide in planning learning in class or learning in tutorials. This learning model refers to the learning approach that will be used, including teaching objectives, stages of learning activities, learning environment and classroom management. This research aims to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the activities and critical thinking of students in the SD Negeri Penanggaran 04 educational unit on the material of multiplication of whole numbers using the Japanese-style line multiplication method. The subjects in this research were 34 students. The use of the Problem Based Learning learning model in problem solving methods for students in this research is expected to improve learning outcomes in Mathematics subjects. The method used in this research is a descriptive qualitative method, so that the research process can make it easier for readers to study and examine the processes that occur in this research. The data collection technique used in this research is non-participant observation, in which the researcher is not involved in the activities of the informants under study. After this research was carried out, the results of the research found that the problem based learning model is a learning method that can be applied in grade 4 and can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Model, Problem Based Learning, Mathematics

 

Referensi

Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. *EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3*(1), 133–139. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.91

Al Fath, A. M., & Muslim, A. H. (2022). Penggunaan Media KGW (Karton Gambar Wayang) pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Pendem II. *Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke- SD-an, 6*(1), 1–13. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12203

Susiba, S. (2020). Metode Pembelajaran Akidah Akhlak MI/SD. *El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3*(1), 55–63. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i1.9004

Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? *Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6*(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Kusrini, K., & Mustafa, F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII Mts Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera-Selatan. *Jurnal Geocivic, 2*(2). https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1475

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. *Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10*(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817

Amin, A. K., et al. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. *International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15*(01), 119–141. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.17437

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. *Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21*(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. *Journal for Lesson and Learning Studies, 4*(2), 174–182. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995

Asmani, J. M. (2011). *Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah*. Gorontalo: Diva Press.

Permana, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa. *Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8*(2), 115. https://doi.org/10.25157/je.v8i2.4310

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-07

Terbitan

Bagian

Articles