UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI BANTARWARU 01 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Penulis

  • Nh Muthoharoh

Abstrak

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peserta didik kelas IV SD Negeri  Bantarwaru 01 dalam pelajaran Matematika tentang pembagian bilangan 2 angka melalui penerapan model pembelajaran PBL dengan memanfaatkan media benda konkrit, infokus, dan ice breaking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 20 peserta didik sebagai partisipan pendidikan.

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai sintak PBL melalui metode diskusi menggunakan media konkrit dan video berbantu projektor. Saya menerapkan model PBL  bertujuan untuk memberi peluang kepada peserta didik dalam berlatih berfikir kritis, aktif dan kreatif. Penyajian informasi melalui video untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Penerapan metode diskusi melatih peserta didik agar mampu berkolaborasi dalam menemukan informasi, mencari solusi dan menyimpulkan masalah melalui LKPD. Saya melakukan penilaian terhadap aspek pemahaman, pengetahuan, keterampilan, dan sikap baik secara individu maupun kelompok. Saya dan siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari, pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam. Penerapan model PBL dengan media konkrit ( permen dan gelas plastik ) dan video tentang pembagian bilangan 2 angka melalui metode diskusi  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian mengalami  perubahan dengan perolehan : 76 % peserta didik tuntas mengerjakan soal tertulis individu, 76 % peserta didik mampu mengerjakan  soal pada LKPD dan  50% peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sehingga saya dan peserta didik merasa senang dengan pembelajaran, ini menjadi Best Practise untuk pembelajaran saya.

Kata kunci: pembagian bilangan 2 angka, model pembelajaran PBL, peserta didik kelas IV SD Negeri Bantarwaru 01

EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF CLASS IV STUDENTS

BANTARWARU STATE PRIMARY SCHOOL 01 IN MATHEMATICS SUBJECTS

THROUGH PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

ABSTRACT

This study aims to improve grade IV students of SD Negeri Bantarwaru 01 in Mathematics lessons about dividing numbers by 2 numbers through the application of the PBL learning model by utilizing concrete objects, infocus, and ice breaking media. The research method used was classroom action research involving 20 students as educational participants. Learning activities are carried out according to PBL syntax through discussion methods using concrete media and projector-assisted videos. I apply the PBL model to provide opportunities for students to practice critical, active and creative thinking. Presentation of information through video to provide a different experience. The application of the discussion method trains students to be able to collaborate in finding information, finding solutions and concluding problems through LKPD. I assess aspects of understanding, knowledge, skills, and attitudes both individually and in groups. My students and I concluded the material that had been learned, the lesson ended with prayers and greetings.

The application of PBL models with concrete media (candy and plastic cups) and videos about the division of numbers 2 numbers through discussion methods can improve student learning outcomes. The assessment results have changed with the acquisition of: 76% of students completed individual written questions, 76% of students were able to do questions at LKPD and 50% of students were able to present the results of group discussions. So that I and my students feel happy with learning, this becomes the Best Practice for my learning.

Keywords: division of numbers 2 numbers, PBL learning model, grade IV students of SD Negeri Bantarwaru 01

Referensi

Ahmad, Abu dan Supriyono, Widodo. (2008). Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sholeh, M. (1998). Pokok-pokok pengajaran matematika sekolah. Jakarta: Depdikbud

Simanjuntak Lisnawaty, dkk. (1993). Metode mengajar matematika 1. Jakarta:Rineka Cipta

Slameto. (2003). Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles