PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU LKPD LIVEWORKSHEET PADA MATERI INTERAKSI ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan selama proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD liveworksheet. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Tkj 2 SMK Pesantren Ciwaringin pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Pada saat pembelajaran sebelumnya kemampuan komunikasi siswa masih rendah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi siswa mengalami peningkatan terlihat dari hasil kognitif mencapai 79,17 termasuk kategori tuntas. Adapun hasil komunikasi lisan siswa dengan indikator yang telah ditetapkan diperoleh rata-rata 88,29%, dengan kategori sangat baik. Selama proses pembelajaran berlangsung buakn hanya komunikasi lisan saja yang di observasi, akan tetapi komunikasi tulis juga diobservasi dengan rata- rata indicator 82,80% termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD liveworksheet dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.
Kata kunci: Problem Based Learning; LKPD liveworksheet; keterampilan komunikasi
IMPROVING STUDENTS' COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL ASSISTED WITH LIVEWORKSHEET LKPD ON INTERACTION BETWEEN ECOSYSTEM COMPONENTS
ABSTRACT
This research was carried out during the learning process which aims to improve students' communication skills through the application of the Problem Based Learning learning model assisted by live worksheet LKPD. This research was carried out in class During the previous lesson, students' communication skills were still low. Data collection was carried out using the observation method. The collected data was analyzed using descriptive qualitative and percentage quantitative analysis. The research results show that student communication has improved as seen from the cognitive results reaching 79.17, including the complete category. The results of students' oral communication with the predetermined indicators obtained an average of 88.29%, in the very good category. During the learning process, it is not only verbal communication that is observed, but written communication is also observed with an average indicator of 82.80%, including in the good category. Thus it can be concluded that the application of the Problem Based Learning learning model assisted by live worksheet LKPD can improve students' communication skills.
Keywords: Problem Based Learning; live worksheet LKPD; communication skills
Referensi
Bella mawar permata dkk (2019), Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA, BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 12, Nomor 2 -ISSN: 1693-265X e-ISSN: 2549-0605, univeraitas sebelas maret
Mariadi, Suciati, & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMA. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. 12 (2): 182-188.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam
Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi dan Kepercayaan Diridalam Pembelajaran Public Speaking melalui Metode Presentasi dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN Kelas VIII SMP Al Fusha). Jurnal Pendidikan DompetDhuafa. 9 (2): 21-28.
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rahmawati, E., Kaspul, & Zaini, M. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworksheet Konsep Sistem Sirkulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SMA. HAFECS Practice of the Science of Teaching: Jurnal Praktisi Pendidikan. 1 (1): 16.22.
Safitri noor erna, dkk (2023), penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Universitas Negeri semarang
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovasi, Vol. 2, No. 2.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran GunaMeningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2 (1): 23-27.
Zaenudin M (2021), upaya meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui Model pembelajaran problem based learning pada mata Pelajaran biologi kelas xi sma islam plus amali, Jurnal Biologi Kontekstual, Volume 3, Nomor 2, September 2021 e-ISSN: 2656-9043
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.