PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI KETENAGAKERJAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XI SMAN 1 TALAGA TAHUN PELAJARAN 2023-2024
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkakan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Materi Ketenagakerjaan Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI SMAN 1 Talaga. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus melalui metode Penelitian Tindakan Kelas yang dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2023 – 19 November 2023 di SMAN 1 Talaga. Penelitian terdiri dari 3 variabel yaitu : (1) Variabel Input yang terdiri dari siswa SMAN 1 Talaga sebanyak 24 orang; (2) Variabel proses yang berupa pembelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan melalui metode PBL (Problem Based Learning); (3) Variabel Output yang berupa peningkatan minat belajar siswa pada materi Ketenagakerjaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Metode belajar melalui PBL dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 62,5 dan pada siklus II presentase menjadi 87,5. Jumlah peserta didik yang tuntas belajar juga terjadi peningkatan dari 15 orang peserta didik dan pada siklus II meningkat menjadi 21 peserta didik walaupun ada 3 peserta didik belum tuntas belajar. Penguasaan materi dapat dikatakan meningkat karena dalam pembelajaran siklus pertama sampai siklus kedua terjadi peningkatan sebesar 25%.
Kata Kunci : Minat Belajar, Ketenagakerjaan, Metode PBL (Problem Based Learning)
INCREASING STUDENTS' INTEREST IN LEARNING
IN EMPLOYMENT MATERIALS THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL IN CLASS XI OF SMAN 1 TALAGA ACADEMIC YEAR 2023-2024
ABSTRACT
This research aims to increase students' learning interest in employment material through the Problem Based Learning (PBL) model in Class XI of SMAN 1 Talaga. This research was carried out in 2 cycles using the Classroom Action Research method which was divided into four stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. This research was carried out on 9 October 2023 – 19 November 2023 at SMAN 1 Talaga. The research consists of 3 variables, namely: (1) Input Variable consisting of 24 students of SMAN 1 Talaga; (2) Process variables in the form of learning about Employment Economics material through the PBL (Problem Based Learning) method; (3) Output variable in the form of increasing student interest in learning about employment material. The research results are as follows: (1) Learning methods through PBL can increase students' interest in learning. This can be seen from the increase in student learning completeness in cycle I, the percentage of student learning completeness was 62.5 and in cycle II the percentage was 87.5. The number of students who completed their studies also increased from 15 students and in the second cycle it increased to 21 students even though there were 3 students who had not yet completed their studies. Mastery of the material can be said to have increased because in the first cycle to the second cycle of learning there was an increase of 25%.
Keywords: Interest in Learning, Employment, PBL (Problem Based Learning) Method
Referensi
Aqib, Z., & Zainal, I. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya.
Djamrah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Mulyani, E., & Nurcahyanto, A. (2017). Buku Ekonomi untuk Kelas XI SMA Kurikulum 2013. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Nurlita, N. (2021). Buku Ekonomi untuk SMA-MA Kelas XI Kurikulum 13. Bandung: Yrama Widya.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Wiriaatmaja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.