PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS II SDN KEBOLEDAN 02 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada pengaruh media audio visual pada hasil belajar siswa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Media audio visual adalah salah satu istilah yang mengacu pada penggunaan komponen gambar dan juga suara. Jadi, kedua komponen tersebut akan diolah secara bersamaan untuk kemudian disajikan ke dalam sebuah presentasi, tontonan, dan juga program acara yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya media audio visual ini, diharapkan penyampaian informasi dapat lebih jelas dan juga menarik.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada peserta didik kelas II SD Negeri Keboledan 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kulitatif. Hasil perbaikan pembelajaran menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siklus I maupun siklus II. Demikian halnya dengan hasil belajar siswa telah menunjukkan peningkatan yaitu pada pra siklus hanya 10 siswa (55,56%) yang tuntas belajar, menjadi 13 siswa (72,22%) yang tuntas belajar pada siklus I dan ketuntasan menjadi 16 siswa (88,88%). Dilihat dari hasil nilai tersebut maka dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh media video audio visual pada materi PPKN Kata Kunci: Media audio visual, Hasil belajar siswa,SD Negeri Keboledan 02
THE INFLUENCE OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS
ON PPKN LEARNING OUTCOMES OF CLASS II STUDENTS
SDN KEBOLEDAN 02 WANASARI DISTRICT
BREBES DISTRICT
ABSTRACT
This research focuses on the influence of audio-visual media on student learning outcomes with the aim of finding out the influence of audio-visual media suitable for use in the teaching and learning process. Audio visual media is a term that refers to the use of image and sound components. So, these two components will be processed simultaneously and then presented in a presentation, spectacle, and event program that suits your needs. With this audio visual media, it is hoped that the delivery of information can be clearer and more interesting. The method used in this research is a classroom action research method carried out in two cycles carried out on class II students at SD Negeri Keboledan 02, Wanasari District, Brebes Regency. Each cycle consists of four stages, namely: planning, action, observation and reflection. Data collection was carried out by observation, learning results tests and documentation. Data analysis was carried out using quantitative and qualitative analysis. The results of learning improvements show an increase in student activity and learning outcomes in cycle I and cycle II. Likewise, student learning outcomes have shown an increase, namely in the pre-cycle only 10 students (55.56%) completed their studies, to 13 students (72.22%) who completed their studies in the first cycle and 16 students (88.88%) completed their studies. %). Judging from the results of these values, it can be proven that there is an influence of audio-visual video media on PPKN material
Keywords: Audio visual media, student learning outcomes, SD Negeri Keboledan 02
Referensi
Arsyad Azhar dan Rahman Asfah. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja
Arsyad Azhar M.A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo
Arsyad Azhar. (2000). Media pengajaran Edisi 1 Cetakan 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hadirukiyah, Media Audio Visual, http://hadirkiyah.blogspot.com, 2010.
Kompasiana, Media Audio Visual Slide Bersuara, http://edukasi.kompasiana.com,
Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
M. Usman, Basyruddin dan Asnawir. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat
Majid Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Pers.Persada.
Rusman dkk. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Rusman. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi. Jakarta: Rajawali
Sadiman, Arief S, dkk. (2017). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya Edisi 1-14. Jakarta: Rajawali Press.2010.
Kompasiana, Media Pembelajaran, Arti, Posisi, Fungsi, Klasifikasi, dan Karakteristiknya, http://edukasi.kompasiana.com, 2009.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.