PENGARUH MODEL PROJEK BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VI PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksanakan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar Matematika kelas VI SD Negeri Sindangwangi 04 melalui model pemebelajaran PJBL . dengan media audio visual. Sampel berjumlah 17 peserta didik dengan hasil kentuntasan Pra siklus 21,8%, siklus 1 80,9% dan siklus 2 100% (tuntas seluruhnya ) Adapun hal ini karena PJBL merupakan salah satu model pemebelajaran yang bisa menjadikan siswa aktif dan belajar mengkonstrutif pengetahuan selain itu penggunaan media audio visual sangat membantu siswa mempelajari hal yang abstrak menjadi konkrit.
Kata kunci: PJBL Audio visual, Matematika
THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING MODELS ON LEARNING OUTCOMES AND CREATIVITY OF CLASS VI STUDENTS ON SPACE NETWORK MATERIAL
ABSTRACT
After conducting research regarding improving math learning outcomes for class VI of SD Negeri Sindangwangi 04 through the PJBL learning model. with audio-visual media. The sample consisted of 17 students with pre-cycle completion results of 21.8%, cycle 1 80.9% and cycle 2 100% (completely complete). This is because PJBL is a learning model that can make students active and learn to construct knowledge other than The use of audio visual media really helps students learn abstract things to become concrete.
Keywords: Audio-visual PJBL, Math
Referensi
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Graff, Erik De dan Anette Kolmos. 2003. “Characteristics of Problem-Based Learning”, International Journal Engng /Vol. 19, No. 5, 657-662.
Masykur, Rubhan; Nofrizal; and Muhamad Syazali. 2017 “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” AlJabar Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2017). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/aljabar/article/view/2014.
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja. Pressindo
Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,. Landasan, dan Implementasinya Pada Kuriklum Tingkat Satuan. Pendidikan(KTSP)
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yew, E. H., & Goh, K. (2016). Problem Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education,
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.