PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PjBL DI SDN PASIRMUKTI KABUPATEN TASIKMALAYA
Abstrak
ABSTRAK
Pada proses pembelajaran di dunia pendidikan khususnya di jenjang pendidikan sekolah dasar, siswa mendapatkan satu pelajaran yang dapat dijadikan sebagai landasan dasar untuk memecahkan persoalan yang ada di kehidupan sehari-hari. Pelajaran ini ialah Matematika. Pelajaran Matematika dapat menuntun siswa untuk berfikir logis dan kritis untuk memecahkan permasalahan sehari-hari melalui angka ataupun teori (Sumarni, 2023). Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan keaktifan belajar siswa melalui model Project-based Learning (PjBL) dengan bantuan media tusuk sate dan plastisin (TUTESIN). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Pasirmukti. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action research, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan penggabungan antara nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penilaian kognitif siswa antara siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada indikator soal C2 sampai C6 dengan hasil yang lebih baik. Pada siklus 1 sebelum menggunakan model PjBL, nilai terendah siswa yaitu 50, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata- rata yaitu 71,4. Sedangkan setelah menggunakan model PjBL, nilai terendah siswa menjadi 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata yaitu 83,3 dari jumlah siswa 15 orang. Model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa dengan menerapkan model PJBL, kemampuan kognitif dan keaktifan belajar siswa menjadi meningkat, dan siswa juga lebih mudah memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran. Saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut : perbanyak latihan untuk siswa dan perhatikan intensitas latihan agar siswa lebih mudah memahami kemampuan kognitifnya; agar siswa tidak mengalami kejenuhan dan aktif di kelas, guru harus terampil dalam memilih model pembelajaran yang tepat.
Kata kunci: Project-Based Learning, metode PTK, kemampuan kognitif dan keaktifan belajar
IMPROVING STUDENTS' COGNITIVE ABILITIES AND LEARNING ACTIVITIES THROUGH THE PJBL MODEL AT SDN PASIRMUKTI, TASIKMALAYA DISTRICT
ABSTRACT
In the learning process in the world of education, especially at the elementary school level, students receive a lesson that can be used as a basic basis for solving problems that exist in everyday life. This lesson is Mathematics. Mathematics lessons can guide students to think logically and critically to solve everyday problems through numbers or theory (Sumarni, 2023). The aim of this study is to determine the increase in students' cognitive abilities and active learning through the Project-based Learning (PjBL) model with the help of skewers and plasticine (TUTESIN). The population in this study were sixth grade students at Pasirmukti State Elementary School. The Classroom Action Research procedure used refers to the action research methodology, namely (1) planning, (2) action implementation, (3) observation and evaluation, (4) reflection carried out in 2 cycles. The data analysis technique uses a combination of attitude, knowledge and skills values with the Classroom Action Research (CAR) method. The results of students' cognitive assessments between cycle 1 and cycle 2 showed an increase in cognitive abilities in question indicators C2 to C6 with better results. In cycle 1 before using the PjBL model, the student's lowest score was 50, while the highest score was 100. Based on the calculations that had been carried out, the average score was 71.4. Meanwhile, after using the PjBL model, the lowest student score was 60, while the highest score was 100. Based on the calculations that had been carried out, the average score was 83.3 from a total of 15 students. The Project Based Learning learning model has a positive effect on students' mathematics learning outcomes. The conclusion of this research is that by implementing the PJBL model, students' cognitive abilities and learning activeness increase, and students also understand mathematical concepts more easily in the learning process. The suggestions from this research are as follows: increase training for students and pay attention to the intensity of training so that students can more easily understand their cognitive abilities; So that students do not experience boredom and are active in class, teachers must be skilled in choosing the right learning model.Keywords: Project-Based Learning, PTK method, cognitive abilities and active learning
Referensi
Putri, A., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pengembangan Aktivitas Pembelajaran (JPAP), 8(1), 42–50.
Budi Riyono (2024): Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan :https://www.kompasiana.com/budi26633/65b1ebb0de948f468201d852/inovasi-pembelajaran-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan-smkn-1-bandung-tulungagung
Nur, F., & Budiyono. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Ruang Menggunakan Media Bangun Ruang Multiwarna Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 2(2), 22–32
Fikriansyah Ilham (2022), Pengertian Inovasi: Ciri, Manfaat, dan Cara Berinovasi :
https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6197336/pengertian-inovasi-ciri-manfaat-dan-cara-berinovasi
Guru inovatif (2023), Pembelajaran berbasis proyek dan manfaat penerapannya di kelas :https://guruinovatif.id/artikel/pembelajaran-berbasis-proyek-dan-manfaat-penerapannya-di-kelas
Husain Ilyas, dkk (2022), Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Bangun Ruang Sederhana
Lestari, D., & Kusno, K. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 161-166.
Munjiat, S. M., & Syaefunisa, A. (2020). Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di SDN 01 Ciduwet Kabupaten Brebes. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 139-150.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Rismawati, L., & Ariani, A. D. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SUKAMULIA. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 103-112.
Melinda, R., & Eta, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.
Sumarni, dkk (2023), Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang, JURNAL BASICEDU, Volume 7 Nomor 5 Tahun 2023 Halaman 2862 – 2871
Susanti Asih (2023), Penggunaan Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Kls IV
Susanti Yuliana (2020), Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa, Volume 2, Nomor 3, Oktober 2020; 435-448
Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Rachmadi, S. S. (2020). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Sekolah Dasar. PENSA, 2(1), 23-27.
Wibowo, A., Armanto, D., & Lubis, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27-40.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.