PENERAPAN MODEL STAD GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD NEGERI KECIPIR 02
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada murid kelas IV SD Negeri Kecipir 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas IV SD Negeri Kecipir 02 yang berjumlah 19 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dikatakan berhasil apabila murid kelas IV SD Negeri Kecipir 02 yang mencapai KKM minimal 75%. Pembelajaran menerapkan model STAD dengan guru menayangkan presentasi powerpoint dalam menjelaskan materi, kemudian para murid menggunakan smartphone untuk mengeksplorasi masalah dalam menyelesaikan tugas kelompok. Pada pra tindakan persentase KKM murid secara klasikal yaitu 41%. Pada siklus 1 persentase KKM murid secara klasikal sebanyak 58% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 17% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus 2 persentase KKM murid secara klasikal yaitu 82% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 24% dari siklus 1 dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal sebanyak 75% murid kelas IV SD Negeri Kecipir 02 telah mencapai KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode STAD berhasil untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas IV SD Negeri Kecipir 02.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS di SD, Model STAD
APPLICATION OF THE STAD MODEL TO IMPROVE SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV OF KECIPIR NEGERI 02 PRIMARY SCHOOL
ABSTRACT
This research aims to find out whether the Student Teams Achievement Division (STAD) model can improve science learning outcomes for fourth grade students at SD Negeri Kecipir 02. This type of research is classroom action research. The classroom action research design used is the Kemmis and Mc Taggart design which consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The research subjects were 19 grade IV students at SD Negeri Kecipir 02. Data collection in this research was carried out by observation and Classroom Action Research (PTK) tests. This was said to be successful if the fourth grade students at SD Negeri Kecipir 02 achieved a minimum KKM of 75%. Learning applies the STAD model with the teacher showing a PowerPoint presentation to explain the material, then students use smartphones to explore problems in completing group assignments. In pre-action, the classical KKM percentage of students was 41%. In cycle I, the percentage of students' classical KKM was 58%, which means there was an increase of 17% from pre-action. Meanwhile, in cycle II, the classical KKM percentage of students was 82%, which means there was an increase of 24% from cycle I, where this percentage had reached the desired target, namely at least 75% of class IV students at SD Negeri Kecipir 02 had reached the KKM. From these results it can be concluded that the STAD method was successful in improving science learning outcomes in class IV at SD Negeri Kecipir 02.
Keywords: Learning Outcomes, Science and Technology Learning in Elementary Schools, STAD Model
Referensi
Adawiyah, dkk. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 5 (1), 239– 244
Amin Mustajab, dkk. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dalam Materi Tumbuhan Hijau. Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QUANTUM) Vol. 3, No. 1, Februari 2023, Hal. 16-22
Candrasiwi Made Yuni, dkk. 2023. Video Kenampakan Alam Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Volume 6 Nomor 2 2023, pp 434-447 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/download/60956/27499/196122
Hijjayati, Z., dkk. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (3b), 1435– 1443
Jauharil (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Murid Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) ISSN 2686-3596 (online) Volume 02, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 94-106 https://online-journal.unja.ac.id/IDEAL/article/download/10465/6647/29285
Julaeka (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Gambar pada Murid Kelas V SD Negeri Blok C Kota Cilegon Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Guru Indonesia
Kumendong, Mejlitha. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Discovery Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Volume 07, Issue 03 September 2021
Meliasih, dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan UNNES. JPK 3 (2) (2017): 222-226 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/download/12278/7103
Nurhayati, Ana Fitrotun Nisa (2022). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang kenampakan Alam Negara ASEAN. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Pendidikan UST Desember 2022 “Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0” https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/jgi/article/download/3579/1685
Satriyantara Rio, (2015). Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa. Eprints. Unram.ac.id http://eprints.unram.ac.id/4216/4/Lembar%20Observasi%20Aktivitas%20Guru%20dan%20Siswa.pdf
Suhelayanti, dkk (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Yayasan Kita Menulis, hal. 2 https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/10795/Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS.pdf
Syamsu Fikri Nur, dkk. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 3, Tahun 2019, pp. 344-350 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/19450/11514/28593#:~:text=Menurut%20Widyastuti%20(2012)%20Keunggulan%20dari,lain%20dengan%20menggunakan%20kuis%2Dkuis
Tentang Alur Pelaksanaan Observasi untuk Guru. Pusat informasi guru.Kemdikbud.go.id https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/26098937908633-Tentang-Alur-Pelaksanaan-Observasi-untuk-Guru
Widjaya Ane Fitrya, dkk. 2023. Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA dengan Materi Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya melalui Media Specimen Herbarium. Jurnal utile. Volume XI, Nomor 1, Juni2023 : Hal 110 https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/1672/1046
Wilda Purnawati, dkk.(2020). ELKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 16, No. 2, Desember 2020, 126 – 133
Wulandari, Innayah (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1, Januari 2022
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.