PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II MELALUI CONTEXTUAL LEARNING TEACHING BERBANTU VIDIO PEMBELAJARAN SD NEGERI LINGGAPURA 01 BREBES

Penulis

  • Rini Indriyani

Abstrak

 

ABSTRAK

Masalah utama dalam pembelajaran Bahasa  Indonesia pada  kelas 2 SD Negeri Linggapura 01 adalah rendahnya peserta didik dalam membaca lancar cerita fabel. Jenis Penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian ini mengenai pembelajaran contextual learning teaching sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai membaca cerita fabel  dikelas II  SD Negeri Linggapura 01 Brebes  dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, didapatkan hasil ketuntasan sebagai berikut Pra siklus hanya 14% siswa yang tuntas , siklus 1 50% siswa tuntas, dan siklus 2 86% siswa yang tuntas  hal ini menunjukan bahwa contextual learning teaching merupakan salah satu  pembelajaran kooperatif yang bisa memberikan keceriaan pada siswa saat pembelajaran berlangsung siswa bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan secara gotong royong dengan dengan kelompoknya masing masing, penggunaan metode CTL  sangat membantu  dalam pembelajaran sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca cerita fabel  bisa tuntas..

Kata kunciContextual teaching learning ,membaca cerita fabel  Bahasa Indonesia.

IMPROVING THE READING ABILITY OF GRADE II STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL LEARNING TEACHING ASSISTED LEARNING VIDEO OF SD NEGERI LINGGAPURA 01 BREBES

 

ABSTRACT

The main problem in learning Indonesian in class 2 of SD Negeri Linggapura 01 is the low level of students' ability to read fables fluently. The type of research used is PTK. This research is about contextual learning teaching as a solution to increase students' understanding of reading fables in class II of SD Negeri Linggapura 01 Brebes with a total of 21 students, the completion results were obtained as follows. Pre cycle only 14% of students completed, cycle 1 50% of students completed, and in cycle 2 86% of students completed this shows that contextual learning teaching is a type of cooperative learning that can provide joy to students when learning takes place. Students work together to solve problems in mutual cooperation with their respective groups. The use of the CTL method is very helps in learning so that learning Indonesian on the material of reading fables can be completed..

Keywords: Contextual teaching learning, reading Indonesian fables.

Referensi

Elis, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran metode kontextual teaching learning (CTL) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 228-237. https://doi.org/10.3060

Ety Syarifah & Mukh Doyin. (2008). Teknik Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Bandungan Institute.

Hermawan, Fajar wahyu. 2022. “Literasi Digital Masyarakat Indonesia Mulai Membaik.” Info Publik. Diambil 12 Februari 2022

Kumendong, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Discovery Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 895. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.895-906.2021

Latuheru. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini.Jakarta: Depdikbud Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan TenagaKependidikan.

MI Dhani,W Rahayu (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyu Hoerudin, C. . (2023). Upaya meningkatkan kemampuan membaca media pembelajran Bahasa Indonesia dalam bentuk dongeng fabel. . Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/405

Zainal Aqib, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Terbitan

Bagian

Articles