RENDAHNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN DISKUSI DI KELAS X SMK
Abstrak
ABSTRAK
Praktik pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Ciledug pada submateri pencemaran air dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Tutor Sebaya melalui Slide Presentasi Canva.Praktik pembelajaran ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Ciledug dengan sampel penelitian 20 orang peserta didik kelas X. Treatmen dalam praktik pembelajaran ini berupa pemberian masalah yaitu video tentang banjir saat musim hujan di Sungai Cisanggarung, Kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa Observasi, Soal Tes, dan Wawancara. Observasi dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui sikap dan keterampilan peserta didik pada saat belajar di kelas. Soal tes dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan peserta didik. Sedangkan wawancara dilakukan dengan bertujuan untuk menggali informasi terkait perlakuan yang telah dilakukan. Data observasi, dan soal tes dianalisis dengan menggunakan aplikasi Excell. Sedangkan wawancara dianalisis secara kualitatif deskriptif.Hasil praktik pembelajaran menunjukkan bahwa Problem Based Learning Berbasis Tutor Sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Ciledug pada submateri pencemaran air melalui slide presentasi canva. Hal ini terlihat dari hasil nilai sikap peserta didik dalam kegiatan diskusi yaitu menunjukkan 100% mampu berpikir kritis secara berkembang sesuai harapan , 65% peserta didik mampu gotong royong dan mandiri saat diskusi secara berkembang sesuai harapan, dan 35% peserta didik mampu gotong royong dan mandiri saat diskusi secara sangat berkembang. Kesimpulan dari penulis lakukan dalam praktik pembelajaran ini, bahwa Dengan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok dan bersama tutor, peserta didik akan merasa terpicu untuk lebih terlibat dan mendiskusikan cara menyelesaikan suatu masalah.
Kata kunci: Model PBL, Tutor Sebaya, Canva, Pencemaran Air.
LOW ACTIVITY OF STUDENTS IN DISCUSSION ACTIVITIES IN CLASS X SMK
ABSTRACT
This learning practice aims to determine the increase in learning activity of class class The instruments used in this research were observations, test questions and interviews. Observations were carried out with the aim of knowing students' attitudes and skills when studying in class. The test questions are carried out with the aim of finding out the level of students' knowledge. Meanwhile, interviews were conducted with the aim of gathering information related to the treatment that had been carried out. Observation data and test questions were analyzed using the Excel application. Meanwhile, the interviews were analyzed descriptively qualitatively. The results of learning practice showed that Problem Based Learning Based on Peer Tutors could increase the learning activity of class This can be seen from the results of students' attitude scores in discussion activities, namely showing that 100% are able to think critically and develop according to expectations, 65% of students are able to work together and be independent when discussions develop according to expectations, and 35% of students are able to work together and be independent. when the discussion really developed. The author's conclusion in this learning practice is that by dividing students into several groups and together with a tutor, students will feel triggered to be more involved and discuss how to solve a problem.
Keywords: PBL Model, Peer Tutoring, Canva, Water Pollution.
Referensi
Faizah, Umi dkk. (2021). “Kemampuan bertanya siswa dalam kegiatan diskusi kelompok pada materi rasio trigonometri”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/8064-24097-1-PB.pdf
Munthe, Ashiong Parhehean. (2019). “Manfaat dan kendala penerapan tutor sebaya untuk siswa kels IV sekolah dasar lentera harapan mamit”. scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 9 No 2 Mei 2019.
Patmawati. (2023). “Meningkatkan keaktifan belajar pada pelajaran biologi menggunakan model problem based learning disertai media video”. Jurnal Karya Ilmiah.
https://jurnaldikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/625/434
Sari, Aulia Nadia dkk. (2021). “Analisis interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam pembelajaran matematika secara daring”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.