MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA PAPERIA
Abstrak
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi peneliti di SDN Kubangsari 02 di kelas 2 dengan jumlah 20 siswa siswi. Metode ceramah masih digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika sehingga siswa memiliki rasa bosan dan merasa kurang bersemangat untuk ikut dalam proses pembelajaran. Melaksanakan proses pembelajaran menggunakan tindakan kelas peneletian. Disini peneliti berperan menjadi pendidik yang terus ikut selama perencanaan, pelaksanaan, observasi maupun refleksi. Untuk membantu proses pembelajaran pendidik menggunakan media papan perkalian ceria (PAPERIA) serta model PBL.Temuan dari siklus 1 menunjukkan bahwa pekerjaan pendidik sudah bagus, tetapi masih punya kesenjangan yang perlu dibenahi, keterlibatan siswa belum cukup optimal, dan 5 anak dengan klasikal memiliki nilai penilaian belajar siswa yang mencapai kesempurnaan 75%. Siklus dua menunjukkan pekerjaan pendidik telah membaik, kekurangan terdapat di siklus 1 telah tertutupi, siswa menjadi rajin melaksanakan proses belajar mengajar, serta 18 siswa mencapai kesempurnaan dengan persentase klasikal 85%. . Pencapaian belajar meningkat dari 75% menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya implementasi media piringan reproduksi pada materi reproduksi berdampak positif terhadap pengembangan pencapaian belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model PBL, Papan Perkalian.
INCREASE STUDENTS' INTEREST IN LEARNING BY USING THE PBL MODEL ASSISTED BY PAPERIA MEDIA
ABSTRACT
Based on the results of researchers' observations at SDN Kubangsari 02 in class 2 with a total of 20 female students. The lecture method is still used by teachers in teaching mathematics so that students feel bored and feel less enthusiastic about participating in the learning process. Carry out the learning process using research class actions. Here the researcher plays the role of an educator who continues to participate during planning, implementation, observation and reflection. To help the learning process, educators use cheerful multiplication board media (PAPERIA) and the PBL model. The findings from cycle 1 show that the educators' work is good, but there are still gaps that need to be addressed, student involvement is not optimal enough, and 5 children with classical grades have no assessment scores. learning of students who achieve 75% perfection. The second cycle shows that the work of educators has improved, the deficiencies found in cycle 1 have been covered, students have become diligent in carrying out the teaching and learning process, and 18 students have achieved perfection with a classical percentage of 85%. . Learning achievement increased from 75% to 85%. Thus, it can be concluded that the implementation of reproduction disc media in reproduction material has a positive impact on the development of student learning achievements.
Keywords: Learning Outcomes, PBL Model, Multiplication Board.
Referensi
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula.
Afifah, Hasna Nur, and Meita Fitrianawati. “Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.” WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2.1 (2021): 41-47.
Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. “Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2.1 (2021): 1-10.
Armin, Rismayani, and Waode Hensi Purwati. “Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika (2021): 81-86.
Ekowati, Dyah Worowirastri, et al. “Literasi numerasi di SD Muhammadiyah.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3.1 (2019): 93-103.
Hasan, Muhammad, et al. “Media Pembelajaran.” (2021).
Khamidin, Ahsanul. “PENERAPAN MEDIA PAPAN PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017. 2018.
Kurniawati, Lailita Nurfi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2.2 (2022): 113-119.
Maâ, Siti. “Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?.” HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling 35.1 (2018): 31-46.
Mashuri, Sufri. Media pembelajaran matematika. Deepublish, 2019.
Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. “Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3.1 (2021): 9-15. Sirait, Erlando Doni. “Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika.”
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6.1 (2016).
Yeni, Ety Mukhlesi. “Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) 2.2 (2015).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.