PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI TANJUNG 06

Penulis

  • Diah Widi Yanti

Abstrak

 

ABSTRAK

Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah pada hakikatnya adalah mengajarkan anak agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan Model PBL berbantu Role Playing pada siswa kelas VI SD Negeri Tanjung 06. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan desain Pre eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tanjung 06 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan. Teknik analisis data menggunakan penggabungan antara nilai sikap, pengetahuan dan ketrampilan dengan metode eksperimen. Hasil nilai pretest yang diperoleh siswa menunjukan nilai terendah sebelum menggunakan model pembelajaran PBL yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 80. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata- rata yaitu 76. Nilai terendah pada model pembelajaran PBL yaitu 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata yaitu 96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Melalui model PBL siswa lebih mudah memahami setiap materi Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, Model Problem Based Learning (PBL).

 

THE APPLICATION OF THE ROLE PLAYING ASSISTED PBL MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AT SD NEGERI TANJUNG 06

 

ABSTRACT

Indonesian language lessons at school essentially teach children to be able to communicate using Indonesian. The aim of this research is to determine the improvement in Indonesian language learning outcomes through the application of the PBL Model assisted by Role Playing in class VI students at SD Negeri Tanjung 06. This research is a quantitative research with data collection using a pre-experimental design. The research subjects were 20 class VI students at SD Negeri Tanjung 06. Data collection techniques include attitude assessment, knowledge assessment and skills assessment. The data analysis technique uses a combination of attitude, knowledge and skills values ​​with experimental methods. The results of the pretest scores obtained by students showed that the lowest score before using the PBL learning model was 40, while the highest score was 80. Based on the calculations that had been carried out, the average score was 76. The lowest score in the PBL learning model was 60, while the highest score was 100. Based on the calculations that have been carried out, the average value is 96. So it can be concluded that the Problem Based Learning model has a positive effect on Indonesian language learning outcomes. Through the PBL model, it is easier for students to understand every Indonesian language material in the learning process so that student learning outcomes increase.

Keywords: :Learning Outcomes, Indonesian Language Learning in Elementary Schools, Problem Based Model Learning (PBL)

Referensi

Novi Wulandari, Haifaturrahmah, dkk. (2022) - Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes/article/view/50

W Yeni. (2022). Peningkatan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X Man Bengkayang Pada Materi Spltv Setelah Diterapkan Model Problem Based Learniang Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod”.

http://digilib.ikippgriptk.ac.id/1320/3/BAB%20II.pdf

AW Handayani. (2020). Model Problem Based Learning.

http://repository.unpas.ac.id/48892/7/14.%20BAB%20II.pdf

Yudianto, Arif. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.

https://eprints.ummi.ac.id/354/3/33.%20PENERAPAN%20VIDEO%20SEBAGAI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN.pdf

Basri, Hasan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 032 Kualu Kecamatan Tambang.

https://media.neliti.com/media/publications/258052-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-e1a411a7.pdf

Ujione. (2023). Apa itu Metode Pembelajaran Role Playing.

https://ujione.id/apa-itu-metode-pembelajaran-role-playing/

Rizki Faradina, Dholina Inang Pambudi, Harni Astuti. (2021) – Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

http://seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/viewFile/11892/2486

Komnasanak. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Model Problem Based Learning.

https://komnasanak.com/kelebihan-dan-kekurangan-model-problem-based-learning-pbl/

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles