PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWUNGLARANG CIAMIS
Abstrak
ABSTRAK
Dari hasil penelitian mengenai peningkatan aktifitas dan hasil belajara kurikulum Merdeka dengan menggunakan PBL dikelas IV SD Negeri 5 Kawunglarang Ciamis didapatkabn hasil adanya peningkatan aktifitas dari siklus 1 ke siklus 2 masih rendahnya aktifitas di siklus 1 disebabkan oleh karena siswa baru pertama kali menggunakan PBL dalam pembelajaran , sehingga mereka masih ragu . akan tetapi pada siklus ke 2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Hasil belajar siswa siklus 1 masih belum menunjukan ketuntasan akan tetapi pada siklus ke dua terjasi lonjakan hasil belajar yang sempurna Dimana 100% siswa mencapai KKM dengan rata rata klasikkal 90
Kata kunci: kurikulum Merdeka, PBL, aktifitas belajar, hasil belajar
INCREASED ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES
INDEPENDENT CURRICULUM USING A MODEL
PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
IN CLASS IV STATE PRIMARY SCHOOL 5 KAWUNGLARANG CIAMIS
ABSTRACT
From the results of research regarding increasing activities and learning outcomes in the Merdeka curriculum using PBL in class IV at SD Negeri Kawunglarang 04 Ciamis, it was found that there was an increase in activity from cycle 1 to cycle 2. The activity in cycle 1 was still low due to the fact that students were using PBL for the first time in learning, so they still have doubts. However, in the second cycle there was a significant increase. The first cycle student learning results still did not show completeness, but in the second cycle there was a surge in perfect learning results where 100% of students achieved the KKM with a classical average of 90
Keywords: Merdeka curriculum, PBL, learning activities, learning outcomes
Referensi
Abuddin Nata. Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran. Arruz Media, Jogjakarta: 2010.
Bahtiar, W. A., Nunaki, J. H., & Iwan, I. I. (2018). “Development of Biology Interactive Learning Multimedia on Animal Tissue Topic in The Class XI IPA in SMA Yapis Manokwari”. Inornatus: Biology Education Journal, 1(1), 42-58.
Bahtiar, W. A., Nunaki, J. H., & Iwan, I. I. (2018). “Development of Biology Interactive Learning Multimedia on Animal Tissue Topic in The Class XI IPA in SMA
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.334
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Diakses pada 2 November 2019
Salim, Peter dan Salim, Yenny, 1991, Kamus Behasa Indonesia Kontemporer
Subandi. (2014). Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Subandi. (2014). Pengembangan kurikulum 2013 (Studi analitis dan subtantif kebijakan kurikulum nasional). Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 18–36. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1302/103 1
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v 1i2.117
Suwardana, H.2018. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 102-110
Vivi, L., Fitria, Y., Miaz, Y., & Ahmad, Z. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Vivi, L., Fitria, Y., Miaz, Y., & Ahmad,Z. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.