PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V INDIKATOR MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK DENGAN ALAT PERAGA DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Studi Kasus di SD Negeri Maparah 01 Ciamis)

Penulis

  • Titin Mustaotinah

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilakukan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar matematika di kelas V indikator menghitung luas segi banyak dengan alat peraga dan pendekatan matematika realistic di SD Negeri 1 Maparah Ciamis. Hasilnya menunjukanbahwa dengan menggunakan pendekatan ini menunjukan adanya ketuntasan dalam pembelajaran dengan capaian 88,8% siswa tuntas sedangkan sisanya sekitar 11,2 % perlu dilakukan remediasi. Pembelajaran matematika realistic lebih mendekatkan kepada hal hal yang real dan menjauhi segala sesuatu yang sifatnya abstrak

Kata kunci:  segi banyak, pendekatan matematika realistik.

 

IMPROVING CLASS V MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES

INDICATORS FOR CALCULATING THE AREA OF A MANUFACTURER USING PROPS AND A REALISTIC MATHEMATICAL APPROACH

(Case Study at SD Negeri Maparah 01 Ciamis)

 

ABSTRACT

After conducting research regarding improving mathematics learning outcomes in class V, indicators for calculating the area of ​​polygons using visual aids and a realistic mathematical approach at SD Negeri Maparah 01 Ciamis. The results show that using this approach shows completeness in learning with 88.8% of students completing while the remaining 11.2% need to undergo remediation. Realistic mathematics learning brings things closer to real things and away from everything that is abstract

Keywords: polygon, realistic mathematical approach

 

 

Referensi

Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Ariani N., & Haryanto D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Perspektif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Hiele, P. (1999). Developing Geometric Thingking through Activities That Begin With Play. InTeaching Children Mathematic Journal. 5(6): 310-16

Ilma, R. (2011). Improving Mathematics Communication Ability of Students in Grade 2 through PMRI Approach. Dalam Prosiding International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education 2011, Yogyakarta, tanggal 21 s.d. 23 Juli 2011, hal. 547-556. Universitas Negeri Yogyakarta

Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1(1), 9-20

Zulkardi & Ilma, R. (2010). Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tersedia di http:/ /eprints.unsri.ac.id/5401. Diakses tanggal 3 September 2014

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles