PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V INDIKATOR MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK DENGAN ALAT PERAGA DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Studi Kasus di SD Negeri Maparah 01 Ciamis)
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilakukan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar matematika di kelas V indikator menghitung luas segi banyak dengan alat peraga dan pendekatan matematika realistic di SD Negeri 1 Maparah Ciamis. Hasilnya menunjukanbahwa dengan menggunakan pendekatan ini menunjukan adanya ketuntasan dalam pembelajaran dengan capaian 88,8% siswa tuntas sedangkan sisanya sekitar 11,2 % perlu dilakukan remediasi. Pembelajaran matematika realistic lebih mendekatkan kepada hal hal yang real dan menjauhi segala sesuatu yang sifatnya abstrak
Kata kunci: segi banyak, pendekatan matematika realistik.
IMPROVING CLASS V MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES
INDICATORS FOR CALCULATING THE AREA OF A MANUFACTURER USING PROPS AND A REALISTIC MATHEMATICAL APPROACH
(Case Study at SD Negeri Maparah 01 Ciamis)
ABSTRACT
After conducting research regarding improving mathematics learning outcomes in class V, indicators for calculating the area of polygons using visual aids and a realistic mathematical approach at SD Negeri Maparah 01 Ciamis. The results show that using this approach shows completeness in learning with 88.8% of students completing while the remaining 11.2% need to undergo remediation. Realistic mathematics learning brings things closer to real things and away from everything that is abstract
Keywords: polygon, realistic mathematical approach
Referensi
Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: DIRJEN DIKTI
Ariani N., & Haryanto D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Perspektif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Hiele, P. (1999). Developing Geometric Thingking through Activities That Begin With Play. InTeaching Children Mathematic Journal. 5(6): 310-16
Ilma, R. (2011). Improving Mathematics Communication Ability of Students in Grade 2 through PMRI Approach. Dalam Prosiding International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education 2011, Yogyakarta, tanggal 21 s.d. 23 Juli 2011, hal. 547-556. Universitas Negeri Yogyakarta
Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1(1), 9-20
Zulkardi & Ilma, R. (2010). Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tersedia di http:/ /eprints.unsri.ac.id/5401. Diakses tanggal 3 September 2014
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.