UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS V SDN TEMUKEREP 01 DENGAN TABEL FAKTORISASI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik muatan pelajaran matematika kelas V SDN Temukerep 01 dengan alat peraga tabel faktorisasi pada materi menentukan KPK dan FPB. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 10 peserta didik. Desain PTK ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (evaluasi), serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Didapatkan hasil belajar peserta didik meningkat dibanding nilai rata-rata pra siklus 59,50 menjadi 67,73 pada siklus I, kemudian menjadi 90,00 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga tabel faktorisasi pada materi menentukan FPB dan KPK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : hasil belajar, matematika, alat peraga, sekolah dasar.
EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES KPK AND FPB MATERIAL CLASS V SDN TEMUKEREP 01 USING FACTORIZATION TABLES
ABSTRACT
This research was carried out with the aim of improving the learning outcomes of students in class IV mathematics at SDN Temukerep 01 by using factorization table props on the material to determine the KPK and FPB. This type of research is classroom action research (CAR). The subjects were class V students, totaling 10 students. This CAR design includes planning, implementation, observation (evaluation), and reflection. Data collection techniques using observation, tests, and documentation. Data analysis used quantitative descriptive statistics. The results showed an increase in the percentage of student learning outcomes, this can be seen from each cycle. It was found that student learning outcomes increased compared to the pre-cycle average score of 59.5 to 74.95 in the first cycle, then to 90.00 in the second cycle. Thus, it can be concluded that the use of factorization table props on the material to determine FPB and KPK can improve student learning outcomes.
Keywords: learning outcomes, mathematics, teaching aids, elementary school.
Referensi
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto. (2011) Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Gatot Muhsetyo, dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hanikah. 2013. Modul Belajar dan Pembelajaran. Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabetha.
Taufiq, Agus. 2011. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.