PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGURUTKAN PECAHAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KARANGPANINGAL CIAMIS

Penulis

  • Tumirah

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksanakan penelitian Tindak kelas mengenai penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk keterampilan .mengurutkan  pecahan siswa kelas VI SD negeri 1 Karangpaningal  Ciamis hasilnya menunjukan bahwa dengan dua siklus pembelajararan menjadi tuntas . alasannya karena Model pembelajaran kooperatife type STAD mampu menuntaskan pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 1 Karangpaningal 1 Kab Ciamis. Model ini sangat cocok diterapkan di sekolah dasar karna alasan .adalah  relatif mudah menyelenggarakannya, mampu memotivasi siswa dalam mengembangkan potensi individu, terutama kreatifitas dan tanggung jawab dalam mengangkat citra kelompoknya, siswa mampu berkomunikasi verbal dan nonverbal dalam bekerja sama, serta adanya tutor sebaya, Dimana siswa yang pintar akan membantu siswa yang kurang.

 

Kata kunci:  STAD, Pecahan Kooperatif .

 

APPLICATION OF STAD COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE FRACTION SEQUENCE SKILLS IN CLASS VI STUDENTS OF SD NEGERI 1 KARANGPANINGAL CIAMIS

 

ABSTRACT

After carrying out classroom follow-up research regarding the application of STAD type cooperative learning for the skill of sorting fractions for class VI students at 1 Karangpaningal Ciamis State Elementary School, the results showed that with two cycles the learning was complete. the reason is because the STAD type cooperative learning model is able to complete mathematics learning in class VI of SD Negeri 1 Karangpaningal 1 Ciamis Regency. This model is very suitable to be applied in elementary schools because it is relatively easy to implement, able to motivate students to develop individual potential, especially creativity and responsibility in raising the image of their group, students are able to communicate verbally and non-verbally in working together, and there are peer tutors, where Smart students will help less fortunate students.

 

Keywords: STAD, Cooperative Fraction

 

Referensi

Agus Suprijono,. (2011) Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM (Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, , h. 133-134.

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77

Kennedy. 1994. Guiding Childrens Learning of Mathematics. California : Wadsworth Publishing Company

Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media. https://serupa.id/modelpembelajaranstad/https://repository.uksw.edu/bitstre am/123456789/11980/3/T1_292010071 _BAB%20II.pdf

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model. Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1), 76-84

Yusran, moh. abdi. (2012) implementasi model pembelajaran student teams achievement division (stad) pada mata pelajaran Pendidikan agama islam SMP NEGERI 1 SINJAI KABUPATEN SINJAI. Hal 5-7

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles