PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGURUTKAN PECAHAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KARANGPANINGAL CIAMIS
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksanakan penelitian Tindak kelas mengenai penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk keterampilan .mengurutkan pecahan siswa kelas VI SD negeri 1 Karangpaningal Ciamis hasilnya menunjukan bahwa dengan dua siklus pembelajararan menjadi tuntas . alasannya karena Model pembelajaran kooperatife type STAD mampu menuntaskan pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 1 Karangpaningal 1 Kab Ciamis. Model ini sangat cocok diterapkan di sekolah dasar karna alasan .adalah relatif mudah menyelenggarakannya, mampu memotivasi siswa dalam mengembangkan potensi individu, terutama kreatifitas dan tanggung jawab dalam mengangkat citra kelompoknya, siswa mampu berkomunikasi verbal dan nonverbal dalam bekerja sama, serta adanya tutor sebaya, Dimana siswa yang pintar akan membantu siswa yang kurang.
Kata kunci: STAD, Pecahan Kooperatif .
APPLICATION OF STAD COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE FRACTION SEQUENCE SKILLS IN CLASS VI STUDENTS OF SD NEGERI 1 KARANGPANINGAL CIAMIS
ABSTRACT
After carrying out classroom follow-up research regarding the application of STAD type cooperative learning for the skill of sorting fractions for class VI students at 1 Karangpaningal Ciamis State Elementary School, the results showed that with two cycles the learning was complete. the reason is because the STAD type cooperative learning model is able to complete mathematics learning in class VI of SD Negeri 1 Karangpaningal 1 Ciamis Regency. This model is very suitable to be applied in elementary schools because it is relatively easy to implement, able to motivate students to develop individual potential, especially creativity and responsibility in raising the image of their group, students are able to communicate verbally and non-verbally in working together, and there are peer tutors, where Smart students will help less fortunate students.
Keywords: STAD, Cooperative Fraction
Referensi
Agus Suprijono,. (2011) Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM (Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, , h. 133-134.
Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77
Kennedy. 1994. Guiding Childrens Learning of Mathematics. California : Wadsworth Publishing Company
Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media. https://serupa.id/modelpembelajaranstad/https://repository.uksw.edu/bitstre am/123456789/11980/3/T1_292010071 _BAB%20II.pdf
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model. Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1), 76-84
Yusran, moh. abdi. (2012) implementasi model pembelajaran student teams achievement division (stad) pada mata pelajaran Pendidikan agama islam SMP NEGERI 1 SINJAI KABUPATEN SINJAI. Hal 5-7
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.