PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING DI KELAS VI SDN LUWUNGGEDE 03 SAAT PANDEMI COVID 19 DENGAN METODE DRILL MATERI KPK DAN FPB

Penulis

  • Sigit Wiharto

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksnakan penelitian mengenai Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Luwunggede 03 saat pandemi covid 19 dengan metode Drill pada materi KPK dan FPB. Pembelajaran dilakukan secara daring atau pemanfaatan IT sebagai salah satu sarana pembelajaran. Hasilnya menunjukan adanya keberhasilan dalam menuntaskan pembelajaran matematika asalkan adanya pegawasan yang cukup baik dari pihak guru dan orang tua siswa.

Kata kunci: Daring, covid 19, pandemi, drill

 

IMPROVING OUTCOMES OF ONLINE MATHEMATICS LEARNING IN CLASS VI SDN LUWUNGGEDE 03 DURING THE COVID 19 PANDEMIC USING THE KPK AND FPB MATERIAL DRILL METHOD

ABSTRACT

After carrying out research regarding efforts to improve the learning outcomes of class VI students at SD Negeri Luwunggede 03 during the Covid 19 pandemic using the Drill method on KPK and FPB material. Learning is carried out online or using IT as a learning tool. The results show that there is success in completing mathematics learning as long as there is adequate supervision from the teacher and the students' parents.

Keywords: Online, covid 19, pandemic, drill

 

Referensi

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elli Kusumawati, Randi Ahmad Irwanto. 2016 . PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016, hlm 49 – 57. file:///C:/Users/USER/Downloads/2289-4675-1-SM.pdf

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Singgih, Ismail. 2017, Dampak Learning Management System (LMS) Pada Performa Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Sukoharjo: Edudikara.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Gaung Persada Press. Meisy, Hendry, (2021), Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis LMS Menggunakan Moodle. Salatiga: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard [Internet]. [cited 2021 Jul 4]. Available from: https://covid19.who.int/table

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles