PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING DI KELAS VI SDN LUWUNGGEDE 03 SAAT PANDEMI COVID 19 DENGAN METODE DRILL MATERI KPK DAN FPB
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksnakan penelitian mengenai Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Luwunggede 03 saat pandemi covid 19 dengan metode Drill pada materi KPK dan FPB. Pembelajaran dilakukan secara daring atau pemanfaatan IT sebagai salah satu sarana pembelajaran. Hasilnya menunjukan adanya keberhasilan dalam menuntaskan pembelajaran matematika asalkan adanya pegawasan yang cukup baik dari pihak guru dan orang tua siswa.
Kata kunci: Daring, covid 19, pandemi, drill
IMPROVING OUTCOMES OF ONLINE MATHEMATICS LEARNING IN CLASS VI SDN LUWUNGGEDE 03 DURING THE COVID 19 PANDEMIC USING THE KPK AND FPB MATERIAL DRILL METHOD
ABSTRACT
After carrying out research regarding efforts to improve the learning outcomes of class VI students at SD Negeri Luwunggede 03 during the Covid 19 pandemic using the Drill method on KPK and FPB material. Learning is carried out online or using IT as a learning tool. The results show that there is success in completing mathematics learning as long as there is adequate supervision from the teacher and the students' parents.
Keywords: Online, covid 19, pandemic, drill
Referensi
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elli Kusumawati, Randi Ahmad Irwanto. 2016 . PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016, hlm 49 – 57. file:///C:/Users/USER/Downloads/2289-4675-1-SM.pdf
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Singgih, Ismail. 2017, Dampak Learning Management System (LMS) Pada Performa Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Sukoharjo: Edudikara.
Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Gaung Persada Press. Meisy, Hendry, (2021), Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis LMS Menggunakan Moodle. Salatiga: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard [Internet]. [cited 2021 Jul 4]. Available from: https://covid19.who.int/table
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.