PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC LIFE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGJUNTI 03 KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Moh. Lutfi

Abstrak

 

ABSTRAK

Pemanfaatan Komik life Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan hasil belajar  Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri Karangjunti 03. Penelitian ini merupakan penelitian Tindak Kelas . Nilai rata-rata SD Negeri Karangjunti 03 pada mata pelajaran IPA di kelas VI  masih kurang baik, hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya. Hal ini sangat penting, karena penggunaan media visual akan mampu mempengaruhi minat siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar  siswa pada materi Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SD Negeri Karangjunti 03.Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, dan angket.Berdasarkan penelitian, Hasil yang di dapat, hasil per indikator minat belajar siswa terhadap angka-angka menunjukkan bahwa bervariasi sesuai rentangnya.Penelitian yang telah dilakukan peneliti pada setiap indikator mengalami peningkatan. Selain itu hasil belajar siswa  untuk materi keseimbangan ekosistem tuntas  100%

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Comic Life, keseimbangan ekosistem , Minat Belajar Siswa , hasil belajar

 

THE INFLUENCE OF THE USE OF COMIC LIFE MEDIA ON THE INTERESTS AND LEARNING OUTCOMES OF CLASS VI STUDENTS OF KARANGJUNTI STATE ELEMENTARY SCHOOL 03 LOSARI DISTRICT BREBES DISTRICT

ABSTRACT

Utilization of Life Comics as a Learning Media to Increase Student Interest and Learning Outcomes in Science Subjects in Class VI of Karangjunti 03 State Elementary School. This research is Class Action research. The average score of SD Negeri Karangjunti 03 in science subjects in class VI is still not good, this is because many students do not pay attention to the teacher's explanations, and the lack of learning media used in the teaching and learning process, one of them. This is very important, because the use of visual media will be able to influence student interest. This research aims to increase student interest and learning outcomes in Ecosystem Balance material in class VI of Karangjunti 03 State Elementary School. Data was collected using in-depth interviews and questionnaires. Based on the research, the results As obtained, the results per indicator of students' learning interest in the numbers show that they vary according to the range. The research that researchers have carried out on each indicator has increased. Apart from that, student learning outcomes for ecosystem balance material are 100% complete

Keywords: Learning Media, Comic Life, ecosystem balance, Student Learning Interest, learning outcomes

 

Referensi

Aniendiani (2011). Indikator minat belajar. Htt/pedoman. Skripsi. blogspot.Com /2011/ 03.htm Bandung: Alfabeta.

Barak, M., Watted, A., & Haick, H. (2016). Motivation to learn in massive open online courses: examining aspects of language and social engagement. Journal of Elsevier Science Direct, Technion Israel Institute of Technology. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131515300828

Cheung, A. C. K., Slavin, R. E. 2013. The effectiveness of educational tecnology applications for enhancing mathematics achievement in K-12 classroom: A metaanalysis. Educational Reseach Review. 9. 88-113. https://doi.og/10.1016/j.edurev2013.01.001

Dalyono, Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2001).

Darmawan, D. (2013) Teknologi Pembelajran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Daryanto, Media Pembelajaran, ed. Hisar Martin, Bandung: Satu Nusa, 2010 4

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kaplan, Robert, S., & David, P. Norton. 2003. Balanced Scorecard: Menetapkan strategi menjadi aksi. Jakarta: Erlangga.

Keke T Aritonang. (2015) blogspot.com.http://eprints.uny.ac.id/, Kajian Teori Deskriftif Kualitatif Psikologi Pendidikan. diunduh 11 Agustus 2015.pukul 19.25

Kwartolo, Yuli. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 19 Tahun Ke-9 (2010), hlm 15-43.

M. Suyanto. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan

Martin, Hisar. (2012) Media Pembelajaran. Bandung: CV. YRAMA WIDIA.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003), hlm.88.

Muhktar dan Iskandar. (2012) Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Munir. (2013) Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Afabeta.

Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, Arif S. dkk. (2011). “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto, (2010) Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supardi U.S.,dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap

Suprijono, Agus. (2009). Coperativ Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo :Masmedia.

Syaiful Hadi, Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Comic Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD Kelas IV Semen Gersik, 16 Januari 2009.

Tatalovic, M. (2009). Science comic as Tools for Science Eucation and Communication. journal of Science Communication, 1 - 16.

Tatalovic. (2009). Science comic as tools for education and communication. of science communication, 10 - 15.

Wijaya, Muksin. (2007). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 08 Th. VI (2007), hlm 78-89.

Wijaya, Muksin. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 19 Tahun Ke-11 (2012), hlm 20-37.

Wright, Gary, and Ross Sherman. 2006. “Comics Redux.” Reading Improvement 43(4):165–72.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles