PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC LIFE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGJUNTI 03 KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Pemanfaatan Komik life Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri Karangjunti 03. Penelitian ini merupakan penelitian Tindak Kelas . Nilai rata-rata SD Negeri Karangjunti 03 pada mata pelajaran IPA di kelas VI masih kurang baik, hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya. Hal ini sangat penting, karena penggunaan media visual akan mampu mempengaruhi minat siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SD Negeri Karangjunti 03.Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, dan angket.Berdasarkan penelitian, Hasil yang di dapat, hasil per indikator minat belajar siswa terhadap angka-angka menunjukkan bahwa bervariasi sesuai rentangnya.Penelitian yang telah dilakukan peneliti pada setiap indikator mengalami peningkatan. Selain itu hasil belajar siswa untuk materi keseimbangan ekosistem tuntas 100%
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Comic Life, keseimbangan ekosistem , Minat Belajar Siswa , hasil belajar
THE INFLUENCE OF THE USE OF COMIC LIFE MEDIA ON THE INTERESTS AND LEARNING OUTCOMES OF CLASS VI STUDENTS OF KARANGJUNTI STATE ELEMENTARY SCHOOL 03 LOSARI DISTRICT BREBES DISTRICT
ABSTRACT
Utilization of Life Comics as a Learning Media to Increase Student Interest and Learning Outcomes in Science Subjects in Class VI of Karangjunti 03 State Elementary School. This research is Class Action research. The average score of SD Negeri Karangjunti 03 in science subjects in class VI is still not good, this is because many students do not pay attention to the teacher's explanations, and the lack of learning media used in the teaching and learning process, one of them. This is very important, because the use of visual media will be able to influence student interest. This research aims to increase student interest and learning outcomes in Ecosystem Balance material in class VI of Karangjunti 03 State Elementary School. Data was collected using in-depth interviews and questionnaires. Based on the research, the results As obtained, the results per indicator of students' learning interest in the numbers show that they vary according to the range. The research that researchers have carried out on each indicator has increased. Apart from that, student learning outcomes for ecosystem balance material are 100% complete
Keywords: Learning Media, Comic Life, ecosystem balance, Student Learning Interest, learning outcomes
Referensi
Aniendiani (2011). Indikator minat belajar. Htt/pedoman. Skripsi. blogspot.Com /2011/ 03.htm Bandung: Alfabeta.
Barak, M., Watted, A., & Haick, H. (2016). Motivation to learn in massive open online courses: examining aspects of language and social engagement. Journal of Elsevier Science Direct, Technion Israel Institute of Technology. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131515300828
Cheung, A. C. K., Slavin, R. E. 2013. The effectiveness of educational tecnology applications for enhancing mathematics achievement in K-12 classroom: A metaanalysis. Educational Reseach Review. 9. 88-113. https://doi.og/10.1016/j.edurev2013.01.001
Dalyono, Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2001).
Darmawan, D. (2013) Teknologi Pembelajran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Daryanto, Media Pembelajaran, ed. Hisar Martin, Bandung: Satu Nusa, 2010 4
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kaplan, Robert, S., & David, P. Norton. 2003. Balanced Scorecard: Menetapkan strategi menjadi aksi. Jakarta: Erlangga.
Keke T Aritonang. (2015) blogspot.com.http://eprints.uny.ac.id/, Kajian Teori Deskriftif Kualitatif Psikologi Pendidikan. diunduh 11 Agustus 2015.pukul 19.25
Kwartolo, Yuli. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 19 Tahun Ke-9 (2010), hlm 15-43.
M. Suyanto. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan
Martin, Hisar. (2012) Media Pembelajaran. Bandung: CV. YRAMA WIDIA.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003), hlm.88.
Muhktar dan Iskandar. (2012) Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Munir. (2013) Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Afabeta.
Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arif S. dkk. (2011). “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, (2010) Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supardi U.S.,dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap
Suprijono, Agus. (2009). Coperativ Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo :Masmedia.
Syaiful Hadi, Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Comic Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD Kelas IV Semen Gersik, 16 Januari 2009.
Tatalovic, M. (2009). Science comic as Tools for Science Eucation and Communication. journal of Science Communication, 1 - 16.
Tatalovic. (2009). Science comic as tools for education and communication. of science communication, 10 - 15.
Wijaya, Muksin. (2007). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 08 Th. VI (2007), hlm 78-89.
Wijaya, Muksin. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 19 Tahun Ke-11 (2012), hlm 20-37.
Wright, Gary, and Ross Sherman. 2006. “Comics Redux.” Reading Improvement 43(4):165–72.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.