PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (SAINS) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGJUNTI 01 KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Muhamad Husni

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksanakan penelitian mengenai penerapan metode quantum learning untuk menungkatkan hasil belajar. IPA dikelas V Sekolah Dasar Negeri Karangjunti 01 menengenai aspek tumbuhan hijau dengan menggunakan PTK siklus 1 menunjukan bahwa pembelajaran belum tuntas sesui dengan KKM yang telah ditentukan, akan tetapi setelah pembelajaran siklus 2 pembelajaran menjadi tuntas. Hal ini karena Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penggunaan quantum learning sangat baik dalam menuntaskan pemebelajaran akan tetapi sangat membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus,membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perancangan dan persiapan serta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembelajaran

Kata kunci:  quantum Learning hasil belajar, penerapan .

 

APPLICATION OF THE QUANTUM LEARNING METHOD TO IMPROVE SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR CLASS V STUDENTS OF KARANGJUNTI STATE ELEMENTARY SCHOOL 01 BREBES DISTRICT

ABSTRACT

After conducting research regarding the application of the quantum learning method to improve science learning outcomes in class V Karangjunti State Elementary School 01 regarding aspects of green plants using PTK cycle 1, it shows that learning has not been completed according to the KKM that has been determined, however after learning cycle 2 learning has become complete. This is because the conclusion obtained from this research is that the use of quantum learning is very good in completing learning, but it really requires special expertise and skills, requires quite a long time for design and preparation and requires quite a long time in learning.

Keywords: quantum Learning learning outcomes, application

 

Referensi

Ace Suryadi. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan & Alternatif Kebijakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agus, Taufik, dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana, 2013), h.4

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Budi Setyawan, http://cumanulisaja.blogspot.com/2012/10/hakekat-pembelajaran-ipa-di- sd.html diunduh 24/2/2016

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2004. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

DePorter, B.& Hernacki. (1999) Quantum learning. membiasakan belajarnyaman dan menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Cetakan VII. Bandung : KAIFA

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Uzer Usman. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja. Rosdakarya

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles