PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (SAINS) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGJUNTI 01 KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksanakan penelitian mengenai penerapan metode quantum learning untuk menungkatkan hasil belajar. IPA dikelas V Sekolah Dasar Negeri Karangjunti 01 menengenai aspek tumbuhan hijau dengan menggunakan PTK siklus 1 menunjukan bahwa pembelajaran belum tuntas sesui dengan KKM yang telah ditentukan, akan tetapi setelah pembelajaran siklus 2 pembelajaran menjadi tuntas. Hal ini karena Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penggunaan quantum learning sangat baik dalam menuntaskan pemebelajaran akan tetapi sangat membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus,membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perancangan dan persiapan serta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembelajaran
Kata kunci: quantum Learning hasil belajar, penerapan .
APPLICATION OF THE QUANTUM LEARNING METHOD TO IMPROVE SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR CLASS V STUDENTS OF KARANGJUNTI STATE ELEMENTARY SCHOOL 01 BREBES DISTRICT
ABSTRACT
After conducting research regarding the application of the quantum learning method to improve science learning outcomes in class V Karangjunti State Elementary School 01 regarding aspects of green plants using PTK cycle 1, it shows that learning has not been completed according to the KKM that has been determined, however after learning cycle 2 learning has become complete. This is because the conclusion obtained from this research is that the use of quantum learning is very good in completing learning, but it really requires special expertise and skills, requires quite a long time for design and preparation and requires quite a long time in learning.
Keywords: quantum Learning learning outcomes, application
Referensi
Ace Suryadi. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan & Alternatif Kebijakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Agus, Taufik, dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana, 2013), h.4
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Budi Setyawan, http://cumanulisaja.blogspot.com/2012/10/hakekat-pembelajaran-ipa-di- sd.html diunduh 24/2/2016
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2004. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.
DePorter, B.& Hernacki. (1999) Quantum learning. membiasakan belajarnyaman dan menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Cetakan VII. Bandung : KAIFA
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Uzer Usman. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.