PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMIK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SD NEGERI UNGGULAN KUNINGAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis Youtube dalam peningkatan hasil belajar matematika menegnai operasi penjumlahan . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Survei dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Unggulan Kuningan yang berjumlah 26 siswa. Sumber data yang digunakan adalah observasi, tes,dan dokumen hasil belajar. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas II SD Negeri Unggulan Kabupaten Kuningan terjadi kenaikan , dan terakhir pada siklus 2 sebanyak 25 peserta didik dari 26 peserta didik atau sekitar 96,2 % dinayatakan telah selesai dalam pencapaian pembelajaran matematika mengenai operasi penjumlahan . adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media Youtube disebabkan karena siswa kelas 2 ( usia 7-10 tahun ) merupakan peserta didik yang dalam perkembangan psikologis mulai berpikir kearah konkret, sehingga penggunaan media film dalam youtube sangat tepat untuk pembelajaran di masa pandemi Covid 19. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes diakhir pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, Ypu tube , Pandemi, covid 19, hasil belajar matematika
THE USE OF YOUTUBE AS A LEARNING MEDIUM DURING A PANDEMIC TO IMPROVE THE COMPLETENESS OF LEARNING FOR MATHEMATICS STUDENTS IN GRADE II OF SD NEGERI UNGGUL KUNINGAN
ABSTRACT
This research aims to determine the use of YouTube-based learning media in improving mathematics learning outcomes regarding addition operations. This research is classroom action research. The survey was conducted in two cycles. Each cycle consists of two meetings covering the planning stages, action implementation, observation and reflection. The research subjects were class II students at Unggulan Kuningan State Elementary School, totaling 26 students. The data sources used are observations, tests and learning results documents. For data analysis using quantitative descriptive analysis techniques. The results of the research showed that learning outcomes in class II of Unggulan State Elementary School, Kuningan Regency increased, and finally in cycle 2, 25 students out of 26 students or around 96.2% were declared to have completed the achievement of mathematics learning regarding addition operations. There is an increase in learning outcomes using YouTube media because grade 2 students (aged 7-10 years) are students who in their psychological development are starting to think concretely, so the use of film media on YouTube is very appropriate for learning during the Covid 19 pandemic. These results shown by an increase in student learning outcomes in each cycle. Increased student learning outcomes can be seen from the test results at the end of learning.
Keywords: learning media, Ypu tube, pandemic, covid 19, mathematics learning outcomes
Referensi
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S.S., Fitri, A.I., Nurmalia, L. (2022). Efektifitas Penggunaaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Kacanegara Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 177-186, from doi : 10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Aliah B. Purwakania Hasan, 2006. Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran hingga Pascakematian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, ,.
Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327, from http://eprints.unm.ac.id/.
Arsyad. Azhar. (2011). Media Pembelajaran Cet. 14, Jakarta, Raja Grafindo Persasda.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Semarang.
Asyar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Busyaeri, Akhmad, dkk. (2016). “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon”. Al-Ibtida, Vol. 3 No. 1 Juni 2016.
Desmita, 2010 Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elizabeth B. Hurlock, 1980 . Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Erlangga, Jakarta.
Elizabeth B. Hurlock, 1993. Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta, , hlm. 39
Gabriela, N.D.P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104- 113, from http://eprints.unm.ac.id/.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71- 76.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10-15, from doi : https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.
Iskandar, Dadang dan Narsim.(2015).Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.Cilacap:Ihya Media.
Jamadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Solusinya Studi Kasus di SMKN 4 Yogyakarta. Academia : Jurnal Inovasi Riset Akademik. 1(1), 78-88, from https://jurnalp4i.com/
Jean Piaget, 1988, Antara Tindakan Dan Pikiran, disunting oleh Agus Cremers, PT. Gramedia, Jakarta,
Kesuma, Amelia T. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta : Penerbit Esensi Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A.T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis
Margaret E. Bell Gredler, 1991. Belajar dan Membelajarkan, Terj. Munandir, Rajawali, Jakarta, Ed. 1, Cet. 1, ,
Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan. Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Noviyanto, Tri Suwarno Handoko, dkk. (2015). “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi”. EDUSAINS. Vol. 7 No. 1 2015
Paul Henry Mussen 1996,, Perkembangan dan Kepribadian Anak, Terj. Meitasari Tjandrasa, Erlangga, Jakarta, Ed.6,.
Rita Ika Izzaty, et. Al 2008, Perkembangan Peserta Didik, UNY Press, Yogyakarta, Ed. 1, Cet. A,
Vivi, A.F., Habibi, A.R., & Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswa SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-82, from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.