PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MEDIA VIDEO KELAS IV SD NEGERI TARABAN 02
Abstrak
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Taraban 02 disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penggunaan alatbantu video pembelajaran dan menggunakan pendekatan kontekstual learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan video pembelajaran dan menggunakan pendekatan kontekstual learning (CTL) kelas IV di SD Taraban 02. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 22 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 8 siswa dari 22 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% dan daya serap klasikal sebesar 63%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 18 siswa dari 22 orang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82% dengan daya serap klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan video pembelajaran tumbuhan dengan pendekatan contextual teacher Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Taraban 02.
Kata kunci: video, CTL Hasil Belajar.
IMPROVING SCIENCE LEARNING OUTCOMES THROUGH A CONTEXTUAL APPROACH TO PLANT PARTS MATERIAL USING VIDEO MEDIA FOR CLASS IV STATE STATE TARABAN 02
ABSTRACT
The low learning outcomes of class IV students at SD Taraban 02 are due to the lack of direct student involvement in the learning process. To overcome this problem, classroom action research (CAR) was carried out using video learning tools and using a contextual learning (CTL) approach. The aim of this research is to improve student learning outcomes by using learning videos and using a contextual learning (CTL) approach for class IV at SD Taraban 02. The research subjects were 22 students, the research data source was obtained from qualitative data in the form of data from observations of teacher activities and students as well as quantitative data in the form of test data on student learning outcomes. The results of the first cycle of research showed that 8 students out of 22 students completed individually with classical completeness of 36% and classical absorption of 63%. Meanwhile, the results of the second cycle of research experienced an increase with the number of students completing individually as many as 18 students out of 22 students who took part in learning with a classical completion percentage of 82% with a classical absorption capacity of 85%. Based on the results of this research, learning using plant learning videos with a contextual teacher learning (CTL) approach can improve the learning outcomes of class IV students at SD Taraban 02
.
Keywords: video, CTL Learning Results
Referensi
Arikunto. (1998). Metodologi Penelitian. [on-line] Tersedia: belajarstatistik.wordpress.com/2008/09/28/metodologi-penelitian [3 Maret 2014]
Dahar,Ratna Wilis, 1989, Teori Belajar, Jakarta : Erlangga Press
Johnson E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it's here to stay. California: Corwin Press, Inc.
Milles dan Hilberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia
Nanik Rubiyanto. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di sekolah. Jakarta: Prestasi. Pustaka
Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. (2001). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar [online] TersediaHttp://harminingsih.blogspot.com/2008/08/faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar.html [2 Maret 2014]
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendididikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfa Beta
Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis. Kompetensi.Jakarta: Kencana Media Group
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.