PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SAVI I (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual)
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Perbaikan pembelajaran dengan menggunakan setrategi SAVI. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tanjung 06. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 31 orang siswa tahun ajaran 2022.2023. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sebelum digunakan strategi pembelajaran SAVI belum memuaskan dimana hanya 8 siswa (26%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 5,2selanjutnya ketika digunaka SAVI Hasil belajar siswa sesudah menggunakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 20 siswa (65%) dengan nilai rata-rata 7,1. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat lagi, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (96%) dengan nilai rata-rata 8,6. 3) Berdasarkan hal di atas, strategi pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V di SD Negeri Tanjung 06 Kecamatan Tanjung Kab. Brebes
Kata kunci : SAVI, PTK, Manusia dan Lingkungan , IPA.
IMPROVING SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN CLASS V HUMAN MATERIALS AND THE ENVIRONMENT USING THE SAVI I STRATEGY (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)
ABSTRACT
The aim of this research is to improve learning using the SAVI strategy. This research uses a type of Classroom Action Research with two cycles. This research was conducted at SD Negeri Tanjung 06. The subjects in this research were class V students with a total of 31 students for the 2022-2023 academic year. Based on the results of data analysis, it can be concluded that student learning outcomes before using the SAVI learning strategy were not satisfactory where only 8 students (26%) completed the study with an average score of 5.2. Furthermore, when SAVI was used, student learning outcomes after using it in cycle I completed student learning. as many as 20 students (65%) with an average score of 7.1. Furthermore, in cycle II student learning outcomes increased even more, with the number of students completing 30 students (96%) with an average score of 8.6. 3) Based on the above, the SAVI learning strategy can improve science learning outcomes on Human and Environmental material for class V students at SD Negeri Tanjung 06, Tanjung District, Kab. Brebes.
Keywords: SAVI, PTK, Humans and the Environment, Science
Referensi
Dwidjoseputro. (1987). Manusia dan Lingkungan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Pengajaran
Sumantri, Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ulfah Shovia, (2016). Jurnal Riset Pendidikan. Vol. 2 no. 2 ISSN: 2460-1470
Walhi Jatim. (2016). Walhi: 608.913 Hektare Lahan Hutan Jatim Krisis Akibat Eksploitasi Tambang. Diakses pada 8 Juni 2017 dari http://walhijatim.or.id/2016/06/walhi-6080- 913-hektare-lahan-hutan-jatim-kritisakibat-eksploitasi-tambang/.
Wardini, Igak. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Wijaya, Chandra. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.