PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SAVI I (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual)

Penulis

  • Diah Widi Yanti

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Perbaikan pembelajaran dengan menggunakan  setrategi SAVI. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tanjung 06. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 31 orang siswa tahun ajaran 2022.2023. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sebelum digunakan strategi pembelajaran SAVI belum memuaskan dimana hanya 8 siswa (26%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 5,2selanjutnya ketika digunaka SAVI  Hasil belajar siswa sesudah menggunakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 20 siswa (65%) dengan nilai rata-rata 7,1. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat lagi, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (96%) dengan nilai rata-rata 8,6. 3) Berdasarkan hal di atas, strategi pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V di SD Negeri Tanjung 06 Kecamatan Tanjung Kab. Brebes

Kata kunci : SAVI, PTK,  Manusia dan Lingkungan , IPA.

 

IMPROVING SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN CLASS V HUMAN MATERIALS AND THE ENVIRONMENT USING THE SAVI I STRATEGY (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)

 

ABSTRACT

The aim of this research is to improve learning using the SAVI strategy. This research uses a type of Classroom Action Research with two cycles. This research was conducted at SD Negeri Tanjung 06. The subjects in this research were class V students with a total of 31 students for the 2022-2023 academic year. Based on the results of data analysis, it can be concluded that student learning outcomes before using the SAVI learning strategy were not satisfactory where only 8 students (26%) completed the study with an average score of 5.2. Furthermore, when SAVI was used, student learning outcomes after using it in cycle I completed student learning. as many as 20 students (65%) with an average score of 7.1. Furthermore, in cycle II student learning outcomes increased even more, with the number of students completing 30 students (96%) with an average score of 8.6. 3) Based on the above, the SAVI learning strategy can improve science learning outcomes on Human and Environmental material for class V students at SD Negeri Tanjung 06, Tanjung District, Kab. Brebes.

Keywords: SAVI, PTK, Humans and the Environment, Science

 

Referensi

Dwidjoseputro. (1987). Manusia dan Lingkungan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Pengajaran

Sumantri, Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ulfah Shovia, (2016). Jurnal Riset Pendidikan. Vol. 2 no. 2 ISSN: 2460-1470

Walhi Jatim. (2016). Walhi: 608.913 Hektare Lahan Hutan Jatim Krisis Akibat Eksploitasi Tambang. Diakses pada 8 Juni 2017 dari http://walhijatim.or.id/2016/06/walhi-6080- 913-hektare-lahan-hutan-jatim-kritisakibat-eksploitasi-tambang/.

Wardini, Igak. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Wijaya, Chandra. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles