PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SD NEGERI SINDANGWANGI 04 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL

Penulis

  • Andang Dewi Setiyati

Abstrak

 

ABSTRAK

         Setelah dilaksanakan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar  Matematika kelas VI SD Negeri Sindangwangi 04 melalui model pemebelajaran PBL . dengan media audio visual. Sampel berjumlah 17 peserta didik dengan hasil kentuntasan Pra siklus 21,8%, siklus 1 80,9% dan siklus 2 100% (tuntas seluruhnya ) Adapun hal ini karena PBL merupakan salah satu model pemebelajaran yang bisa menjadikan siswa aktif dan belajar mengkonstrutif pengetahuan selain itu penggunaan media audio visual sangat membantu siswa mempelajari hal yang abstrak menjadi konkrit.

Kata kunci:  PBL Audio visual, Matematika

 

IMPROVING CLASS VI MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF SD NEGERI SINDANGWANGI 04 THROUGH PBL LEARNING MODEL USING AUDIOVISUAL MEDIA

 

ABSTRACT

After conducting research regarding improving math learning outcomes for class VI of SD Negeri Sindangwangi 04 through the PBL learning model. with audio-visual media. The sample consisted of 17 students with pre-cycle completion results of 21.8%, cycle 1 80.9% and cycle 2 100% (completely complete). This is because PBL is a learning model that can make students active and learn to construct knowledge other than The use of audio visual media really helps students learn abstract things to become concrete.

Keywords: Audio-visual PBL, Math

 

Referensi

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Graff, Erik De dan Anette Kolmos. 2003. “Characteristics of Problem-Based Learning”, International Journal Engng /Vol. 19, No. 5, 657-662.

Huang, K. S. & Wang, T. P. (2012). Applying Problem Based Learning (PBL) in University English Translation Classes. The Journal of International Management Studies, 7, 121-127.

Masykur, Rubhan; Nofrizal; and Muhamad Syazali. 2017 “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” AlJabar Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2017). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/aljabar/article/view/2014.

Nariman,N., dan Chrispeels, J.,(2016), PBL in teh Era of Reform Standars: Challenges and Benefits Perceived by Teachers in One Elementary School, Interdiciplinary Journal of PBL,ISSN 1541-5015, 10(1)1-16

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja. Pressindo

Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,. Landasan, dan Implementasinya Pada Kuriklum Tingkat Satuan. Pendidikan(KTSP)

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yew, E. H., & Goh, K. (2016). Problem Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education,

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles