PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI STUDENT ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI SINDANG AGUNG

Penulis

  • Sri Nurhayati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penerapan active learning pada mata matematika kelas 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN kedungneng 01 yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, lembar kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil pembelajaran siswa dengan ketuntasan siklus I mencapai 72% (15 siswa) meningkat pada siklus II menjadi 86% (18 siswa). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan, bahwa penerapan strategi active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sindang Agung.

Kata kunci: Hasil belajar; Matematika; Strategi Active Learning.

 

IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES THROUGH STUDENT ACTIVE LEARNING STRATEGIES FOR GRADE 2 STUDENTS OF SD NEGERI SINDANG AGUNG

 

ABSTRACT

This research aims to determine the increase in learning outcomes after implementing active learning in class 2 mathematics. This research is classroom action research through two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection stages. The subjects of this research were 21 grade 2 students at SDN Kedungneng 01. Data collection techniques use tests and non-tests. This research instrument uses interviews, questionnaires and observations. The data analysis used is quantitative descriptive analysis. The results of the research showed that there was an increase in the completeness of student learning outcomes with completeness in cycle I reaching 72% (15 students) increasing in cycle II to 86% (18 students). Based on this, it can be concluded that implementing active learning strategies can improve student learning outcomes in mathematics subjects at SDN Sindang Agung.

Keywords: Learning outcomes; Mathematics; Active Learning Strategy.

 

Referensi

Abtahi, M., & Battell, C. (2017). Integrate Social Justice Into the Mathematics Curriculum in Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 101-114.

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Amir, Z. dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsini. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Armiyanti.(2019).Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (2).

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Santiani, N. W.,et al. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 299.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.

Wardani, N., & Putri, R. hapsari. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4 (1), 41-47

Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles