PENGGUNAAN METODE SAS BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOJONGSARI 01 BEREBES

Penulis

  • Kusmiyati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul penggunaan Metode SAS   Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Siswa Kelas SD Negeri Bojongsari 01 Brebes  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar diantaranya kemampuan membaca  dan menulis bagi pemula. Penelitian ini menggunkan penelitian Tindakan Kelas dengan peserta didik berjumlah 16 siswa. Hasil observasi awal rata rata nilai pra Siklus adalah 75 dengan persentase tuntas 50%, siklus 1 rata rata nilai klas 80 dan pemcapaian 75% siswa tuntas sedangkan yang terakhir siklus 2  rata rata nilai membaca dan menulis sebesar 85 dengan ketuntasan 100% melebihi angka Kriteria Ketuntasan Minimum.

Kata kunci: SAS, Media, PTK, Sekolah Dasar.

 

THE USE OF THE IMAGE MEDIA-ASSISTED SAS METHOD TO IMPROVE STUDENTS' READING SKILLS IN GRADE 1 STUDENTS

SD NEGERI BOJONGSARI 01 BEREBES

 

ABSTRACT

The research entitled Using the SAS Method Assisted with Image Media to Improve Students' Reading Ability in Classes at SD Negeri Bojongsari 01 Brebes aims to improve learning outcomes including reading and writing abilities for beginners. This research used Classroom Action research with 16 students. Initial observation results, the average pre-cycle score was 75 with a completion percentage of 50%, cycle 1 had an average class score of 80 and 75% of students had completed, while in the last cycle 2 the average reading and writing score was 85 with 100% completion exceeding the Completion Criteria. Minimum.

Keywords: SAS, Media, PTK, Elementary School.

 

Referensi

Agus Suprianto, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah, Cet. 1, (Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998), h. 93- 94.

Agus Supriyanto, 1997. Mode Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Modul DII PGSD. Bandung : Depdikbud

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Perindo persada

Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas. Terbuka. Depdiknas. 2007.

Dwimayanti, “Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD”, Jurnal FKIP PGSD, (Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2013), h. 3

Hartati, Tatat, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah.edisi I: Bandung: UPI Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marta . R, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. https://www.neliti.com/id/publications/278099/peningkatan-hasil-belajar-luas-bangun-datar-melalui-model-kooperatif-tipe-jigsaw. https://www.neliti.com/id/publications/278099/peningkatan-hasil-belajar-luas-bangun-datar-melalui-model-kooperatif-tipe-jigsaw

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 216.

Solchan. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles