PENGGUNAAN METODE SAS BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOJONGSARI 01 BEREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul penggunaan Metode SAS Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Siswa Kelas SD Negeri Bojongsari 01 Brebes bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar diantaranya kemampuan membaca dan menulis bagi pemula. Penelitian ini menggunkan penelitian Tindakan Kelas dengan peserta didik berjumlah 16 siswa. Hasil observasi awal rata rata nilai pra Siklus adalah 75 dengan persentase tuntas 50%, siklus 1 rata rata nilai klas 80 dan pemcapaian 75% siswa tuntas sedangkan yang terakhir siklus 2 rata rata nilai membaca dan menulis sebesar 85 dengan ketuntasan 100% melebihi angka Kriteria Ketuntasan Minimum.
Kata kunci: SAS, Media, PTK, Sekolah Dasar.
THE USE OF THE IMAGE MEDIA-ASSISTED SAS METHOD TO IMPROVE STUDENTS' READING SKILLS IN GRADE 1 STUDENTS
SD NEGERI BOJONGSARI 01 BEREBES
ABSTRACT
The research entitled Using the SAS Method Assisted with Image Media to Improve Students' Reading Ability in Classes at SD Negeri Bojongsari 01 Brebes aims to improve learning outcomes including reading and writing abilities for beginners. This research used Classroom Action research with 16 students. Initial observation results, the average pre-cycle score was 75 with a completion percentage of 50%, cycle 1 had an average class score of 80 and 75% of students had completed, while in the last cycle 2 the average reading and writing score was 85 with 100% completion exceeding the Completion Criteria. Minimum.
Keywords: SAS, Media, PTK, Elementary School.
Referensi
Agus Suprianto, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah, Cet. 1, (Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998), h. 93- 94.
Agus Supriyanto, 1997. Mode Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Modul DII PGSD. Bandung : Depdikbud
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Perindo persada
Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas. Terbuka. Depdiknas. 2007.
Dwimayanti, “Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD”, Jurnal FKIP PGSD, (Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2013), h. 3
Hartati, Tatat, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah.edisi I: Bandung: UPI Press.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marta . R, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. https://www.neliti.com/id/publications/278099/peningkatan-hasil-belajar-luas-bangun-datar-melalui-model-kooperatif-tipe-jigsaw. https://www.neliti.com/id/publications/278099/peningkatan-hasil-belajar-luas-bangun-datar-melalui-model-kooperatif-tipe-jigsaw
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 216.
Solchan. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.