PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN RUNGKANG 02

Penulis

  • Kurniasih

Abstrak

 

ABSTRAK

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas 3 SDN rungkang 02, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN rungkang 02 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 8 siswa atau 32% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 68% yang tuntas belajar matematika dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa yang tuntas belajar matematika atau 92%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 80% dari seluruh siswa dengan KKM ≥ 70.

Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning.

 

APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT IN GRADE III STUDENTS OF SDN RUNGKANG 02

 

ABSTRACT

The problem behind this research is the low student learning outcomes in mathematics learning for grade 3 students at SDN Rungkang 02, Brebes Regency. This research uses classroom action research carried out in 2 cycles. Each cycle is carried out in 4 (four) stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were 25 grade 3 students at SDN Rungkang 02. The instruments used in this research are tests, observation and documentation. The data analysis technique uses qualitative and quantitative descriptive analysis. Based on the research results, it can be concluded that learning using the Problem Based Learning model can improve learning outcomes in mathematics subjects involving whole numbers. The results before action was taken were that in the pre-cycle only 8 students or 32% had completed it, in the first cycle it had increased to 17 students or 68% who had completed studying mathematics and in the second cycle it had increased again to 23 students who had completed studying mathematics or 92%. This research was said to be successful because it achieved a performance indicator of ≥ 80% of all students with a KKM ≥ 70.

Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Problem Based Learning.

 

Referensi

Abtahi, M., & Battell, C. (2017). Integrate Social Justice Into the Mathematics Curriculum in Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 101-114.

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Amir, Z. dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsini. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara.

Arista, Khoirul. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 195–196.

Devita, Sasamu. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD. Inpres Lahendong. Jurnal: Portal Garuda, 3, 1–2.

Gd. Gunantara. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.

Heryekti Pujingsih, R. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50-56.

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Smp Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Kamarianto, K., et al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Mariani Artini, N. (2020). Pembelajaran Model Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sdn 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1), 30-37.

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120.

Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6 (1), 35-42. Gunantara, G., Suarjana, I. M.,

& Riastini, P. N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles